ADVERTISEMENT

O Yeong Su, Kakek di Squid Game Menang Golden Globe 2022

Tim detikcom - detikHot
Senin, 10 Jan 2022 11:35 WIB
Kakek Pemain 001 Squid Game Tolak Iklan Fried Chicken karena Ini
(Foto: Netflix/Instagram kkanbu_official) Squid Game bawa pulang satu piala di Golden Globes 2022. Piala tersebut dianugerahkan kepada O Yeong Su, kakek pemeran pemain 001.
Jakarta -

Di tengah boikot ajang Golden Globe Awards yang membuat aktor Lee Jung Jae memilih tak hadir meski jadi nominasi, HFPA (Hollywood Foreign Press Association) menganugerahkan piala buat aktor O Yeong Su. Dia dikenal sebagai Oh Il Nam, pemain nomor 001 di Squid Game.

Ini merupakan kali pertama O Yeong Su mendapat nominasi Golden Globe sekaligus jadi kemenangan pertamanya. O Yeong Su membawa pulang piala untuk kategori Best Performance by an Actor in a Supporting Role in a Series, Limited Series, or Motion Picture Made for Television.

Lee Jung Jae di sisi lain masuk ke dalam nominasi Best Performance by an Actor in a Television Series - Drama. Namun dirinya tidak keluar sebagai pemenang di kategori tersebut yang menjadikan O Yeong Su satu-satunya juara dari Squid Game.

Squid Game juga gagal meraih piala di kategori Best Television Series - Drama. Kategori ini dimenangkan oleh serial HBO Succession yang berhasil mendepak pesaing lainnya seperti Lupin, The Morning Show, dan Pose.

Sebelumnya sempat ramai dibahas soal Lee Jung Jae yang ikut mendukung boikot buat Golden Globe.

Golden Globe Awards merupakan acara penghargaan Amerika Serikat di mana nominasi dan pemenang dipilih oleh Hollywood Foreign Press Association (HFPA), yang terdiri dari jurnalis film asing dari berbagai negara di dunia. Walaupun biasanya acara tersebut bertabur bintang dan dipandang sebagai prediktor Oscar, Golden Globe Awards mendapat kecaman selama beberapa tahun terakhir karena dugaan korupsi dan keragaman di antara anggota HFPA.

Akibatnya, Hollywood menyerukan boikot kepada Golden Globe Awards. Sejumlah bintang dan sutradara papan atas telah menyatakan niat mereka untuk menghadiri acara penghargaan tersebut, juga menerima penghargaan yang mungkin akan mereka menangkan.

Netflix, Amazon, hingga Warner Media telah mengumumkan posisi mereka yang tidak akan berpartisipasi dalam Golden Globe Awards atau bekerja sama dengan HFPA hingga permasalahan diselesaikan. NBC, sebagai TV yang selalu menyiarkan Golden Globe Awards, juga menarik diri untuk menayangkan acara tersebut.

Tak hanya itu, tudingan rasisme juga diangkat ketika Minari memenangkan kategori Best Foreign Language Film di Golden Globe Awards 2021. Padahal, film tersebut diproduksi oleh rumah produksi Amerika, ditulis dan disutradarai oleh seorang Korea-Amerika, dan berpusat pada pengalaman yang dirasakan oleh Korea-Amerika.

Golden Globe Awards saat itu mengatakan film Minari dinominasikan dalam kategori Best Foreign Laguange Film, dan bukan kategori utama film, karena separuh dari film tidak menggunakan bahasa Inggris.

Lee Jung Jae juga sebelumnya dikonfirmasi akan menghadiri Critics Choice Awards yang akan digelar di waktu yang sama dengan Golden Globe Awards. Namun ia membatalkan kehadirannya karena situasi pandemi COVID-19 yang kembali parah.

(aay/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT