7 Grup K-Pop Fiksi Jebolan Drama Korea yang Eksis di Dunia Nyata

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Senin, 15 Nov 2021 16:40 WIB
Idol the Coup
(Foto: dok. JTBC) Sederet grup fiksi ini tampil dan merilis lagu secara resmi di dunia nyata hingga berhasil raih prestasi tak terduga.
Jakarta -

Hingga saat ini sudah cukup banyak drama Korea yang menampilkan cerita tentang industri musik, mulai dari kehidupan para idola K-Pop hingga manajemen agensi artis. Dari drama dengan plot seperti ini membuat banyak grup K-Pop fiktif yang bermunculan.

Tidak hanya sekadar debut di drama, mereka pun merilis lagu hingga tampil sungguhan di acara musik televisi di dunia nyata. Pemeran dramanya kebanyakan juga menampilkan para member grup idola K-Pop betulan.

Berikut sederet grup K-pop fiksi dari drama Korea yang diperankan oleh idol dan aktor populer. Yuk, simak!

1. Real Girls Project

[Gambas:Youtube]


Real Girls Project dibuat untuk drama SBS The IDOLM@STER.KR yang rilis pada 2017. Drama ini merupakan adaptasi dari seri video game Jepang bertajuk The Idolmaster. Grup ini merilis beberapa single dan album sebagai grup nyata pada 2016 dan 2017. Para member pun juga kebanyakan merupakan seorang idol di kehidupan nyata, seperti solois Yukika, mantan member The Ark dan Uni.T Lee Su Ji, mantan member The SeeYa Heo Young Joo, mantan grup duo CocoSori Sori, mantan Tiny-G Mint.

2. SHAX

[Gambas:Youtube]


SHAX adalah 1 dari 3 grup K-pop yang akan ditampilkan dalam drama Imitation yang diadaptasi dari webtoon dengan judul sama. Grup ini terdiri dari Jun U-KISS, Jongho ATEEZ, Yuri JXR, Hwiyoung SF9, dan aktor An Junghoon. Chani SF9 juga akan berperan sebagai mantan anggota grup. Grup ini secara nyata merilis dua single album, yaitu MALO dan Amen.


3. Sparkling

[Gambas:Youtube]


Boyband lain yang akan diikutsertakan dalam drama Imitation adalah Sparkling, yang memiliki konsep yang jauh lebih cerah dan ceria dari boyband sebelumnya. Grup yang merupakan rival dari SHAX ini dimainkan oleh Suwoong Boys Republic dan Yunho, San, dan Seonghwa ATEEZ. Sparkling juga pernah merilis lagu berjudul Diamond yang berhasil puncaki Hanteo Daily Album Chart. Prestasi ini cukup mengesankan bagi sebuah grup fiksi.

4. Tea Party

[Gambas:Youtube]

Tidak hanya boyband, Imitation juga memiliki girlband beranggotakan 3 orang bernama Tea Party. Member-nya diperankan oleh aktris Jung Ji So, solois Minseo, dan mantan anggota I.O.I dan Pristin Nayoung. Grup ini tidak begitu terkenal di acara tersebut, tapi mulai mendapatkan popularitas karena karakter Jung Ji So yang menyerupai penyanyi terkenal yang diperankan oleh mantan anggota T-ARA Jiyeon. Mereka juga pernah debut di dunia nyata dengan tampil di acara musik KBS Music Bank.

5. LUNA

[Gambas:Youtube]

Jika sebelumnya para boyband dan girlband, kali ini ada band fiksi bernama LUNA dari drama Let Me Be Your Knight. Band ini beranggotakan lima member yang hampir semua merupakan seorang idola di kehidupan nyata. Para member di antaranya, Jun U-KISS, Jisung eks Wanna One, JR NU'EST, dan Donghyun AB6IX.

6. Cotton Candy

[Gambas:Youtube]



Drama Idol: The Coup juga mendebutkan girlband fiksi bernama Cotton Candy yang telah debut selama 6 tahun, tapi masih tidak populer dan terancam bubar. Grup ini berisikan lima member yang kebanyakan pemeran aslinya dari kalangan idola, seperti Hani EXID, Exy WJSN, Green Red Square, dan Solbin LABOUM.

7. MARS

[Gambas:Youtube]

Selain Cotton Candy, ada pula boyband bernama MARS yang sangat populer di industri musik. Boyband juga diperankan oleh penyanyi K-Pop, seperti mantan kontestan Produce X 101 Kim Min Kyu, Eunki RAINZ, dan eks X1 Eunsang. MARS juga secara resmi merilis lagu pertama mereka bertajuk Cloud 9 yang rilis pada 28 Oktober 2021.

(aay/aay)