Sisi Gelap Squid Game, Drakor Terlaris Netflix yang Munculkan Trauma Masa Lalu

Tim Detikhot - detikHot
Sabtu, 16 Okt 2021 17:53 WIB
Lonjakan Penjualan Sepatu Vans Akibat Squid Game
Foto: dok. Netflix
Jakarta -

Kalau kamu sudah nonton Squid Game di Netflix, kamu pasti sudah melihat gambaran kehidupan orang dewasa di Korea Selatan yang berat. Rupanya ada sebagian orang yang merasa terhubung dengan karakter-karakter dalam drama Korea Squid Game. Ada pula yang merasa gambarannya terlalu nyata sehingga memantik trauma masa lalu.

Lee Chang Keun, seorang mantan pegawai pabrik otomotif Ssangyong Motors, menyebut Squid Game mengingatkannya pada rekan-rekannya yang meninggal dunia. Di tahun 2009, Ssangyong Motors mengalami kesulitan finansial dan depresi. Perusahaan itu harus melakukan PHK kepada 2600 pegawai termasuk Lee Chang Keun kemudian dinyatakan bangkrut.

Akibat kejadian ini, Lee Chang Keun dan rekan-rekannya yang jadi korban PHK mengalami kesulitan hidup. Seperti halnya yang ditampilkan dalam Squid Game, tidak sedikit dari mereka yang terlunta-lunta mencari pekerjaan, bekerja serabutan seperti karakter utama, mencoba bisnis jualan ayam goreng namun gagal, hingga berujung ke lokasi judi.

"Ada banyak karakter yang berusaha bertahan hidup setelah dipecat dari pekerjaan mereka. Semua itu mengingatkan aku pada rekan-rekan kerjaku yang meninggal dunia," kata Lee Chang Keun dikutip dari South China Morning Post.

Usai di-PHK dari perusahaan, rekan-rekan kerjanya sulit menemukan pekerjaan baru di perusahaan lain. Lantaran perusahaan otomotif telah memasukkan mereka ke dalam daftar hitam karena dianggap sebagai aktivis buruh militan.

Menurut Lee Chang Keun, ada banyak adegan dalam Squid Game yang agak sulit buatnya untuk disaksikan lantaran trauma masa lalu itu. Orang-orang yang terlilit utang dan berusaha melakukan apa saja demi uang. Namun ketika sudah tiba di penghujung usaha mereka, tidak sedikit dari teman-teman Lee Chang Keun yang berujung bunuh diri.

Mengutip laporan dari riset Korea University di tahun 2016, setidaknya ada 28 orang yang di-PHK dari Ssangyong Motors memutuskan untuk bunuh diri. Mereka juga mengalami masalah kesehatan serius, termasuk PTSD (post-traumatic stress disorder).

Squid Game kini resmi jadi serial terlaris Netflix di seluruh dunia dengan total lebih dari 111 juta penonton global. Sejak ditayangkan pada 17 September 2021, Squid Game telah mencuri perhatian di Brasil, Prancis, India, hingga Turki. Serial tersebut menempati posisi pertama di 10 Besar Tayangan Terfavorit Netflix di 94 negara.

Bahkan di Amerika Serikat sendiri, Squid Game berhasil merajai chart tersebut untuk 21 hari berturut-turut. Sebelumnya, rekor serial terpopuler dipegang oleh Bridgerton. Drama yang mengangkat kisah perjodohan kaum aristokrat tersebut ditonton 82 juta subscriber Netflix di seluruh dunia.

Kalau kamu butuh bantuan, mengalami gangguan emosional, atau memiliki pemikiran bunuh diri, jangan ragu untuk meminta bantuan profesional kamu bisa hubungi nomor telpon gawat darurat (emergency) 119, bebas pulsa atau hotline Kementrian Kesehatan 1500-567 (24 jam), atau kunjungi situs https://www.intothelightid.org untuk pertolongan.

Beberapa rumah sakit yang juga melayani konseling seputar pencegahan bunuh diri:

1. RSJ Amino Gondohutomo Semarang (024) 6722565
2. RSJ Marzoeki Mahdi Bogor (0251) 8324024, 8324025, 8320467
3. RSJ Soeharto Heerdjan Jakarta (021) 5682841
4. RSJ Prof Dr Soerojo Magelang (0293) 363601
5. RSJ Radjiman Wediodiningrat Malang (0341) 423444



Simak Video "Fantastis! 'Squid Game' Sumbang Cuan Rp 12,5 T untuk Netflix"
[Gambas:Video 20detik]
(aay/tia)