Gegara Hospital Playlist, Calon Pendonor Organ di Korsel Naik 11 Kali Lipat

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Rabu, 25 Agu 2021 11:46 WIB
Hospital Playlist
Foto: Dok. tvN
Jakarta -

Hospital Playlist masih menjadi drama terpopuler di Korea Selatan walaupun sudah berjalan hingga dua musim. Selain kisah di dalamnya yang sangat menarik, drama ini juga membawa pengaruh baik bagi para penontonnya.

Sejak musim pertama, Hospital Playlist memfokuskan diri dalam mengangkat kisah para dokter dan pasien yang bekerja di rumah sakit. Tak sedikit yang bahkan mengangkat perjuangan antara hidup dan mati para pasiennya.

Kisah tentang donor organ juga ikut diangkat di drama tersebut. Khususnya di episode tujuh, yang menceritakan kisah seorang anak yang mendonorkan organ untuk sang ibunda yang sudah tak ditemuinya selama 30 tahun.

Tata cara donor organ dijelaskan secara mendetail melalui episode ini. Dan rupanya, episode tersebut berpengaruh pada kesanggupan publik untuk melakukan donor organ.

Berdasarkan keterangan Organisasi Donor Darah dan Organ Nasional di Korea Selatan, dikutip dari Naver, lebih dari 16 ribu orang mendaftarkan diri untuk menjadi donor organ pada Agustus 2021. Angka tersebut bertambah tiga kali lipat dari jumlah yang tercatat tahun lalu dalam periode yang sama.

Lebih lengkapnya lagi, 7.042 orang mendaftarkan diri sebagai donor organ dalam waktu sepekan setelah episode tujuh ditayangkan. Angka tersebut membuktikan kenaikan 11 kali lipat dibandingkan tahun lalu dalam periode yang sama.

Hal ini semakin membuktikan drama Korea Hospital Playlist membawa dampak yang sangat baik dalam dunia kesehatan di Korea Selatan. Jumlah pendaftar donor organ diprediksi masih akan terus mengalami kenaikan.

Hospital Playlist 2 ditayangkan sekali sepekan sejak 17 Juni 2021. Drama ini masih digarap oleh Shin Won Ho yang sebelumnya bertanggung jawab untuk menggarap drama-drama populer seperti Reply 1997, 1994, dan 1988 serta Prison Playbook.



Simak Video "Hospital Playlist 2 Tamat Pekan Ini, Ada Kemungkinan untuk Season 3?"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/tia)