Drama Korea The Devil Judge: Saat Keadilan Ditentukan Voting Online

Geralda Talitha - detikHot
Senin, 05 Jul 2021 19:04 WIB
The Devil Judge
(Foto: dok. tvN) Kalau kamu sedang mencari tontonan dengan tema berat yang menguras otak, mungkin The Devil Judge bisa menjadi solusi.
Jakarta -

Tema hukum kembali dihadirkan tvN lewat drama terbarunya, The Devil Judge, yang mulai tayang Sabtu (4/07/2021). Biasanya, drama Korea hukum berfokus pada kisah pengacara atau jaksa yang berusaha untuk mengungkap sebuah kebenaran. Namun The Devil Judge menyajikan hal baru, dengan memahami hukum dari sudut pandang seorang hakim yang dikenal tidak mengenal ampun bagi para terdakwa.

SPOILER ALERT!

Kalau kamu sedang mencari tontonan dengan tema berat yang menguras otak, mungkin The Devil Judge bisa menjadi solusi. Berbeda dengan drama bertema hukum lainnya, di sini kita akan melihat kekejaman seorang hakim bernama Kang Yo Han (Ji Sung) yang dijuluki sebagai hakim setan atau Devil Judge.

Untuk mengawasi gerak-gerik Yo Han, Min Jung Ho (Ahn Nae Sang), yang merupakan Mahkamah Agung meminta Kim Ga On (Jin Young) untuk mengawasinya.

Episode pembuka The Devil Judge langsung membuat kita pusing dengan persiapan yang dilakukan Yo Han untuk sidang yang akan disiarkan langsung layaknya reality show. Kasus pertama yang akan ditampilkan pun terbilang berat yaitu tuduhan JU Chemical yang menyebarkan virus lewat air limbah beracun. Hal ini dilakukan Yo Han untuk membuat Korea kembali ke kondisi normal. Perlu diingat, hukum yang digunakan dalam drama ini bukanlah hukum yang digunakan di Korea Selatan.

Uniknya, jika biasanya hukuman akan ditentukan oleh Jaksa, maka hukum di drama ini sepenuhnya diserahkan oleh masyarakat melalui online voting. Peran masyarakat begitu penting untuk tuntutan hukum yang pantas dengan tindakan terdakwa. Tentunya ini menjadi hal baru dan unik bagi drakor bertema dunia hukum. Namun tetap saja hakim memiliki pengaruh yang besar dalam keputusan hukum nantinya.

Walaupun Ga On dianggap beruntung karena bisa menjadi rekan Kang Yo Han, tapi sebenarnya dia menaruh curiga besar terhadap sikap Yo Han yang serba misterius. Untuk mencari tahu jati diri Yo Han, Ga On meminta bantuan Soo Hyun (Park Gyu Young) untuk membantu mengungkap masa lalu Yo Han.

Akting Jin Young patut diacungi jempol karena dia mampu menggambarkan karakter Ga On sebagai hakim yang menjujung tinggi keadilan. Semua itu ia lakuan, lantaran ketidakadilan yang pernah dia dapati di masa lalu.

Drama ini juga menampilkan tipis-tipis kisah romansa antara Kim Ga On dengan Yoon Soo Hyun, yang diceritakan telah menjalin pertemanan sejak kecil. Tapi kamu juga tetap bisa dibuat baper dengan kedekatan mereka berdua. Belum lagi sikap Soo Hyun yang terang-terangan dengan perasaannya kepada Ga On. Gyu Young juga mampu menghilangkan image manisnya di It's Okay to Not Be Okay saat berperan sebagai Soo Hyun, polisi berani dan tangguh yang ingin mengungkap masa lalu Kang Yo Han.

Alur yang cepat dan langsung masuk dalam inti cerita, membuat kita tidak bosan dan malah bikin kita menunggu setiap jawaban dari misteri yang sudah muncul di dua episode pertamanya. Rahasia terbesar apa yang ingin diungkap Yoon Soo Hyun tentang Kang Yo Han? Siapa sebenarnya jati diri Yo Han? Apakah Yo Han menjadi dalang dibalik kematian orang tua Ga On?

Mungkin pertanyaan-pertanyaan ini akan terjawab satu persatu di episode The Devil Judge selanjutnya, yang bisa kamu tonton setiap hari Sabtu dan Minggu melalui platform streaming Viu dan iQiyi.

(aay/aay)