It's Okay That's Love hingga Good Doctor, 5 Drakor soal Personality Disorder

Geralda Talitha - detikHot
Senin, 10 Mei 2021 17:53 WIB
Its Okay Thats Love
Foto: dok SBS
Jakarta -

Isu psikologis sering kali dikemas menjadi cerita menarik dalam drama Korea. Salah satu yang sering diangkat yaitu tentang gangguan kepribadian atau personality disorder.

Walaupun membahas gangguan kepribadian, banyak penonton yang menganggap tema ini unik dan bisa menambah wawasan penonton untuk lebih mengenal ciri-ciri personality disorder. Berikut deretan drama Korea yang membahas personality disorder:

1. It's Okay That's Love

It's Okay, That's LoveIt's Okay, That's Love Foto: SBS Drama

Drama ini mengangkat tema psikologis dengan cara yang menarik. Kamu akan melihat hubungan seorang psikiater, Ji Hae Soo (Gong Hyo Jin) dengan Jang Jae Yeol, penulis sekaligus DJ Radio yang mengidap obsessive complusive disorder (OCD) akibat kejadian di masa lalu.

Tidak hanya OCD, drama ini juga mengajak penonton lebih mengenal beberapa penyakit kejiwaan yang diwakilkan oleh setiap karakter, seperti Tourette syndrome, anxiety disorder, conduct disorder dan lain-lain.

2. Good Doctor

drama korea good doctordrama korea good doctor Foto: istimewa

Drama adaptasi serial Amerika, Good Doctor menampilkan kisah dokter jenius, Park Shi On tapi punya mental setara dengan anak 10 tahun. Kondisinya itu membuat banyak orang meragukan kemampuannya sebagai dokter.

Karena tekad dan kemampuannya yang luar biasa, perlahan-lahan Shi On berhasil membungkam orang-orang yang menghinanya dengan pencapaian yang luar biasa sebagai dokter yang memiliki gangguan mental.

3. Kill Me, Heal Me

Kill Me, Heal MeKill Me, Heal Me Foto: istimewa

Drama yang diperankan Ji Sung dan Hwa Jung Eum ini berkisah tentang Cha Do Hyun yang punya tujuh kepribadian yang berbeda akibat trauma di masa kecil. Gangguan ini dinamakan dengan dissociative identity disorder (DID) atau biasa dikenal dengan orang yang memiliki kepribadian ganda.

Saat dewasa Cha Do Hyun bertemu dengan Oh Ri Jin, seorang dokter jiwa yang nantinya akan membantu menyembuhkan Do Hyun dari gangguan kepribadiannya itu.

4. Clean With Passion For Now

clean with passion for nowclean with passion for now Foto: Istimewa

Drama diadaptasi webtoon ini, juga menghadirkan kisah menarik tentang gangguan mysophobia yang diidap Jang Seon Kyul (Yoon Kyun Sang). Mirip dengan OCD, di drama ini kamu akan menemukan sosok Seon Kyul yang gila dengan kebersihan.

Walaupun punya penampilan yang sempurna, tidak ada yang menyangka jika Seon Kyul mengidap mysophobia. Penyakitnya itu membuat dirinya tidak berhasil membangun hubungan dengan keluarga atau perempuan.

5. Soul Mechanic

Fix You Soul MechanicFix You Soul Mechanic Foto: Istimewa

Soul Mechanic juga jadi drama yang banyak mengangkat isu kesehatan mental yang sering dirasakan banyak orang. Di drama ini kamu bisa memahami tentang gangguan gejala somatik, dimana penderita mengalami rasa sakit padahal tidak ada yang salah dengan tubuh, gangguan eksplosif intermiten yang membuat penderitanya sulit mengendalikan emosi, serta gangguan delusi dan parasitosis delusi yang diidap oleh setiap karakter dalam drama ini.



Simak Video "Syarat Vaksinasi Drive-Thru di Grab Vaccine Center Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)