7 Drama Korea yang Sial Kena Kontroversi

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Kamis, 15 Apr 2021 06:52 WIB
Drakor Terbaru Tayang April 2021, Taxi Driver
(Foto: dok SBS) Baru awal tahun, sederet drama ini mengalami berbagai kontroversi hingga ada yang harus berhenti tayang.
Jakarta -

Kita sudah disuguhkan dengan berbagai judul drama Korea buat menemani perjalanan tahun 2021 yang masih dilanda panemi COVID-19. Sayangnya, tak sedikit dari drama Korea tersebut tersandung masalah.

Mulai dari masalah product placement dari Tiongkok hingga kasus dan kontroversi yang menyerang pemeran utama. Berikut sederet drama Korea di awal 2021 yang mengalami kontroversi:

Dear. M

Karakter dalam drama Dear.MJaehyun NCT jadi salah satu pemeran dalam drama Dear.M Foto: dok. KBS2

Para penggemar yang sudah sangat menunggu drama Korea Dear.M harus menerima kekecewaan. Drama yang seharusnya tayang Februari 2021 itu terpaksa mengundur jadwal tayangnya. Hal ini disebabkan oleh salah satu pemeran utama, Park Hye Soo, yang tersandung kasus bullying saat masih sekolah. Hingga saat ini, masih belum ada kejelasan terkait penayangan Dear.M.

Vincenzo

Vincenzo CassanoVincenzo Cassano Foto: dok. tvN

Drama populer yang dibintangi oleh Song Joong Ki ini juga sempat tersandung masalah. Vincenzo dikritik netizen lantaran menggunakan produk makanan asal Tiongkok untuk dijadikan iklan. Kabarnya, kedua belah pihak sudah menandatangani kontrak yang merencanakan produk tersebut muncul di 4 episode. Tidak ingin menjadi masalah besar untuk ke depannya, pihak drama pun memutuskan untuk membatalkan perjanjian kontrak tersebut.

River Where the Moon Rises

Ji Soo di drama Korea River Where the Moon Rises.Ji Soo di drama Korea River Where the Moon Rises. Foto: dok. KBS2

Terlibatnya Ji Soo dalam kasus bullying membuat drama River Where the Moon Rises mengalami berbagai kesulitan. Ji Soo yang sudah menyelesaikan proses syuting bagiannya sebanyak 95% harus didepak dan bagiannya dihapus di drama tersebut. Dia pun diganti dengan aktor Na In Woo dan syuting ulang mulai dari episode awal hingga selesai.

Victory Contents selaku rumah produksi River Where the Moon Rises mengajukan gugatan ganti rugi senilai 3 miliar won kepada agensi Ji Soo lantaran adanya biaya tambahan syuting ulang imbas kasus bullying aktor tersebut. Hingga saat ini, pihak rumah produksi dan Keyeast Entertainment masih berperang terkait ganti rugi tersebut.

Snowdrop

Jisoo BLACKPINKJisoo BLACKPINK Foto: dok. W Korea

Drama yang akan menjadi debut akting member BLACKPINK Jisoo dikhawatirkan netizen akan bernasib sama dengan drakor Joseon Exorcist. Lantaran Snowdrop merupakan drama yang mengangkat sejarah pada 1980-an.

Nama karakter yang diperankan Jisoo sebagai Youngcho juga diganti untuk menghindari kontroversi. Selain itu, muncul petisi berjudul 'Drama JTBC Snowdrop harus dihentikan' di Blue House yang sudah ditandatangani lebih dari 200 ribu orang. Meskipun begitu, pihak JTBC tetap memasukkan Snowdrop ke dalam daftar drama 2021 yang akan tayang.

Joseon Exorcist

Joseon ExorcistJoseon Exorcist Foto: dok SBS

Meskipun baru tayang dua episode, drama Joseon Exorcist memutuskan untuk berhenti tayang. Hal ini berawal dari kritik penonton yang menganggap alur cerita drama tersebut menyimpang dari sejarah. Selain itu, properti seperti pakaian dan makanan yang ditampilkan dalam drama tersebut juga bergaya Tiongkok. Para aktor, sutaradara, dan penulis Joseon Exorcist pun meminta maaf dan para pemain hanya dibayar hingga episode 7.

Island

Kontroversi Seo Ye JiSeo Ye Ji Foto: dok tvN

Awalnnya, drama OCN ini akan dibintangi oleh Seo Ye Ji, Kim Nam Gil, dan Cha Eun Woo. Akan tetapi, Seo Ye Ji baru-baru ini sedang dirundung kontroversi lantaran sikap posesif kepada mantan kekasihnya, Kim Jung Hyun dan masalah lainnya. Hal itu menyebabkan dia memilih mundur dari proyek drama Island. Proses syuting drama tersebut belum dimulai dan masih belum diketahui nasib kelanjutannya. Jika sesuai jadwal, Island seharusnya tayang pada paruh ke-2 tahun ini.

Taxi Driver

Drakor Terbaru Tayang April 2021, Taxi DriverDrakor Terbaru Tayang April 2021, Taxi Driver Foto: dok SBS

Drama yang sudah tayang sejak 9 April 2021 ini juga sempat mengalami masalah lantaran salah satu pemeran, Lee Na Eun, tersandung kasus bullying. Pihak rumah produksi pun memutuskan untuk mengeluarkan Na Eun dan menggantinya dengan aktris Pyo Ye Jin. Proses syuting yang sudah berjalan 60% pun terpaksa melakukan syuting ulang dengan pemain baru.

(aay/aay)