5 Perbandingan Hush dan Pinocchio, Drama Korea tentang Wartawan

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Kamis, 21 Jan 2021 16:04 WIB
Drama Korea Hush
Drama Korea Hush dan Pinocchio menceritakan dunia wartawan. Begini perbandingan antara keduanya. (Foto: dok. Instagram @jtbcdrama)
Jakarta -

Hush dan Pinocchio merupakan dua judul drama Korea yang bercerita tentang kehidupan wartawan. Tapi terlepas beberapa kesamaan, dua drama Korea ini menampilkan kisah yang cukup berbeda.

Pinocchio diperankan oleh Lee Jong Suk dan Park Shin Hye. Episode perdananya tayang di SBS pada 12 November 2014 sebanyak 20 episode. Naskahnya ditulis oleh Park Hye Ryun dan disutradarai oleh Jo Soo Won dan Shin Seung Woo.

Sementara Hush tayang di JTBC dan rencananya akan diproduksi sebanyak 16 episode. Pemeran utama drama Korea Hush adalah Im Yoona (Yoona SNSD) dan Hwang Jung Min. Ceritanya diangkat dari novel berjudul Silence Warning karya Jung Jin Young sementara adaptasi televisinya ditulis oleh Kim Jung Min dan disutradarai Choi Gyu Sik.

Sambil membaca perbandingan antara Hush dan Pinocchio, dengarkan juga Podcast ngedrakor! detikcom episode terbaru yang mengulas drama Korea Hush:

Begini perbandingan drama Korea Hush dan Pinocchio:

1. Tentang romansa

Cerita Pinocchio mengambil latar wartawan berita televisi dalam sebuah dunia fiksi di mana ada sebuah sindrom bernama Pinocchio Syndrome yang menyebabkan seseorang akan selalu cegukan kalau berbohong. Sementara Hush menggambarkan kehidupan wartawan media cetak dan online yang tidak dibalut oleh fantasi.

Balutan kisah romansa dalam Pinocchio pun amat terlihat sejak episode-episode awal antara Lee Jong Suk dan Park Shin Hye. Sementara di Hush, dua pemeran utamanya tidak punya jalinan asmara karena karakter Hwang Jung Min dikisahkan sudah menikah dan motivasi Yoona buat bertemu dengannya bukan karena suka.

2. Tentang cerita masa lalu

Ada kesamaan antara Pinocchio dan Hush. Cerita kedua drama Korea ini sama-sama berangkat dari cerita dendam di masa lalu yang berusaha ditutupi oleh masing-masing pemeran utama.

Karakter Lee Jong Suk di Pinocchio ingin mengungkap kebenaran soal keluarganya dan membebaskan sang kakak yang dipenjara karena tuduhan yang salah. Sementara karakter Yoona di Hush ingin tahu alasan di balik keputusan bunuh diri Ayahnya.

lee jong sukLee Jong Suk dan Park Shin Hye Foto: Istimewa

3. Tentang pemeran utama

Choi Dal Po yang diperankan Lee Jong Suk dan Choi In Ha yang diperankan Park Shin Hye di Pinocchio terlibat cinta satu sama lain. Perbedaan usia mereka pun tak terlalu terpaut jauh. Sementara di Hush, karakter Ji Soo yang diperankan Yoona dan Joon Hyuk yang diperankan Hwang Jung Min terlampau perbedaan usia yang signifikan.

Beda usia antar karakter ini akhirnya menghadirkan konflik yang berbeda pula antara dua drama tersebut.

4. Tentang karakter antagonis

Di dunia Pinocchio dan Hush sama-sama menghadirkan peran antagonis yang ingin menutupi kebenaran. Bagaimana pemilihan sudut pandang berita yang ditayangkan di televisi dan di koran, hingga bagaimana media menyoriti sebuah peristiwa jadi hal yang dibahas di kedua drama.

Drama Korea HushDrama Korea Hush Foto: dok. Instagram @jtbcdrama

5. Tentang sisi emosional

Meski Pinocchio lebih banyak menampilkan romansa, namun tak sedikit pula adegan-adegan yang menguras air mata. Sementara Hush hadir dengan cerita yang lebih nyata tanpa elemen fantasi berlebihan, sehingga sisi kemanusiaan dan emosionalnya pun jadi lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari.

(aay/tia)