3 Hal Mirip di Drama Korea Mr. Queen dan Royal Secret Agent

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 13 Jan 2021 17:23 WIB
Mr. Queen
Shin Hye Sun memerankan Ratu So Yong di Mr. Queen (Foto: tvN)
Jakarta -

Di tahun 2020 lalu, drama Korea sageuk (sebutan untuk drama periodik atau bertema kerajaan masa lalu) hadir di antara deretan drama Korea modern. Salah satu yang mencuri perhatian dan masih tayang hingga saat ini adalah Mr. Queen. Disusul oleh drama Korea yang diperankan Kwon Nara dan Kim Myung Soo berjudul Royal Secret Agent.

Sepanjang sejarah pertelevisian Korea Selatan, drama Korea sageuk merupakan suguhan yang amat disukai. Popularitasnya bahkan tidak kalah dengan drama Korea populer: Daejanggeum (Jewel in the Palace), Queen Seondeok, Deep Rooted Tree, The Moon that Embraces The Sun, hingga Scarlet Heart: Goryeo.

Mr. Queen jadi salah satu judul yang cukup mendapat sambutan hangat dengan rating yang terus meningkat (episode 10 tayang 10 Januari 2021 jadi episode dengan rating tertinggi di 12,8 persen dan 14,0 persen). Drama korea Mr. Queen menampilkan Shin Hye Sun yang disebut Ratu Rating drama Korea. Shin Hye Sun selalu sukses main di drama Korea dengan rating tinggi seperti Five Enough, My Golden Life, School 2013, dan She Was Pretty.

Royal Secret Agent baru-baru ini memecahkan rekor rating mereka dengan memperoleh 9,7 persen dan 9,0 persen di episode 8 yang tayang 12 Januari 2021 lalu. Drama ini mulai mendapat perhatian dari pemirsa.

Sama-sama drama sageuk, ada sederet kemiripan antara Mr. Queen dan Royal Secret Agent. Berikut rangkumannya:

1. Sama-sama cerita era Joseon

shin hye sun mr queenShin Hye Sun dengan kostum Ratu di Mr. Queen Foto: Instagram @shinhs831

Kalau diperhatikan, ada banyak cerita drama Korea sageuk yang berlatar era Dinasti Joseon. Mr. Queen dan Royal Secret Agent pun mengambil latar era dinasti ini sebagai landasan cerita. Kostum, kondisi sosial masyarakat, serta detail-detail di era tersebut yang ditampilkan dalam drama mungkin punya kemiripan juga satu sama lain.

Dibandingkan dengan era Goryeo atau Silla, era Joseon memang lebih banyak tampil dalam drama Korea. Menurut seorang user situs Quora, hal itu dikarenakan era Joseon adalah dinasti yang paling terakhir sehingga dirasa punya kedekatan dengan masyarakat Korea saat ini. Terlebih dari segi busana yang digunakan.

Selain itu, ada banyak dokumentasi dari era Joseon yang bisa dijadikan referensi sejarah. Sehingga banyak interpretasi cerita yang muncul dari catatan sejarah tersebut. Demikian dituliskan oleh Hosiki Kim di situs Quora.

2. Ada aksi menyamar

Behind the scene drama Korea Mr. QueenBehind the scene drama Korea Mr. Queen Foto: dok. Instagram @tvndrama.official

Di episode-episode awal Mr. Queen, karakter Raja Cheoljong yang diperankan oleh Kim Jung Hyun menampilkan dua sisi yang berbeda. Siang di istana dia tampil sebagai Raja yang tak terlalu punya wibawa dan tak jarang terlihat bodoh. Sementara di malam hari, dia bertindak bak Robin Hood buat menolong orang-orang miskin.

Di Royal Secret Agent, karakter Kim Myung Soo yang bernama Sung Yi Kyum menjabat sebagai inspektur rahasia kerajaan dan punya tugas blusukan ke provinsi-provinsi. Dia menyamar sebagai orang biasa demi tahu cerita-cerita di masyarakat dan bisa menegakkan keadilan dari kasus korupsi. Sebelumnya dia juga punya kehidupan ganda sebagai pejabat pemerintah di siang hari dan penjudi di malam hari.

3. Tetap ada nuansa politik

Drama Korea Royal Secret AgentDrama Korea Royal Secret Agent Foto: dok. KBS2

Yang membuat banyak orang enggan nonton drama Korea sageuk biasanya adalah politik-politik kerajaan yang ditampilkan. Tak sedikit dari penonton drama Korea yang "males mikir ah!" atau memang lebih suka kisah-kisah pop dan romansa.

Mr. Queen meski balutan komedinya amat kental, tetap punya bumbu-bumbu politik kerajaan. Sementara di Royal Secret Agent sepertinya memang lebih dominan mengingat karakter utamanya adalah seorang agen rahasia kerajaan.

(aay/doc)