Film dan Drama Korea tentang Monster Buat yang Suka Sweet Home

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Rabu, 23 Des 2020 08:03 WIB
Sweet Home
Foto: Son Ik Chung for Netflix/Courtesy of Netflix
Jakarta -

Produksi original Netflix terbaru, Sweet Home, sedang banyak dibicarakan. Serial 10 episode ini berkisah tentang fenomena mengerikan di dunia yang mengubah manusia sebagai monster.

Kalau sebelumnya Korea Selatan ramai dengan tayangan bertema zombie, sesuatu berbau makhluk serupa monster juga jadi tema yang tak jarang muncul. Meski memang masih belum banyak seperti halnya film-film Hollywood.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tayangan produksi Korea Selatan yang berkisah tentang monster. Ada film ada pula drama Korea. Tak semuanya menegangkan karena salah satu di antaranya ada yang menampilkan komedi.

The Host

The Host.The Host. Foto: istimewa

Jauh sebelum Parasite, sutradara peraih Oscar pertama dari Korea Selatan yakni Bong Joon Ho dikenal lewat film berjudul The Host. Lewat film ini, Bong Joon Ho menampilkan sisi mengerikan dari Sungai Han yang terkenal di Korea Selatan.

The Host bercerita tentang monster yang muncul di Sungai Han, Seoul, yang membunuh ratusan orang dan menculik Hyun Seo (diperankan oleh Go Ah Sung). Keluarganya kemudian berusaha menyelamatkan Hyun Seo dari sang monster.

Skor The Host: 7.1/10 (IMDb), 93% (Rotten Tomatoes).

The School Nurse Files

The School Nurse FilesThe School Nurse Files Foto: The School Nurse Files (dok. Netflix)

Yang satu ini juga produksi original Netflix. Berbeda dengan Sweet Home yang lebih gelap dan menegangkan, The School Nurse Files menampilkan nuansa yang lebih komedi dalam kisah fantasinya.

Berkisah tentang seorang perawat yang memiliki kemampuan supranatural. Dia bisa melihat monster yang tidak bisa dilihat orang lain. Dia pun berusaha menyelamatkan siswa di sekolah dari monster-monster ini.

Skor The School Nurse Files: 6.4/10 (IMDb).

Search

KrystalKrystal di Search Foto: Krystal Jung (dok. OCN)

10 episode Search diproduksi buat tayang di OCN sebelum kedatangan The Uncanny Counter. Search diperankan oleh Jang Dong Yoon, Krystal, dan Yoon Park. Drama Korea ini bercerita tentang sebuah kasus pembunuhan misterius.

Pembunuhan tersebut terjadi di kawasan DMZ, perbatasan antara Korea Selatan dan Korea Utara. Ternyata pelaku pembunuhannya bukanlah manusia.

Skor Search: 8.2/10 (MyDramaList)

Monstrum

Monstrum (2012)Monstrum (2012) Foto: dok. Istimewa

Film Monstrum dirilis tahun 2018 dan diperankan oleh Hyeri, Choi Woo Shik, dan Kim Myung Min. Disutradarai oleh Huh Jong Ho, film ini juga sempat tayang di Indonesia.

Monstrum menghadirkan cerita sosok monster haus darah yang memburu manusia di abad pertengahan. Monster dari pegunungan ini disebut-sebut menyebarkan wabah mematikan.

Skor Monstrum: 6/10 (IMDb), 94% (Rotten Tomatoes).

Howling

Poster film HowlingPoster film Howling Foto: dok. Istimewa

Serigala pembunuh membuat ketakutan orang-orang. Kasus pembunuhan membuat seorang detektif dan partnernya berusaha mencari pelakunya. Setiap korban punya bekas gigitan yang tidak biasa.

Howling tidak begitu mendapat review yang baik. Diperankan oleh Song Kang Ho dan Lee Na Young, film tahun 2012 ini diganjar skor yang rendah di Rotten Tomatoes.

Skor Howling: 6.2/10 (IMDb), 39% (Rotten Tomatoes).

(aay/mau)