Monday to Monday! Candu Joget di Canggu

ADVERTISEMENT

Pergaulan

Monday to Monday! Candu Joget di Canggu

M. Iqbal Fazarullah Harahap - detikHot
Rabu, 23 Nov 2022 06:18 WIB
Jakarta -

Ombak pesisir pantai Bali tak hanya membawa gelombang bagi para peselancar, tapi juga mereka pegiat pesta. Peradabannya terus tumbuh, Kuta, Legian, Seminyak hingga Canggu, mengikuti riak air laut, yang gemerciknya terasa sampai ke lantai dansa.


Candu berjoget di Canggu terjadi setiap hari, Senin sampai Senin lagi. Berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Layaknya roster, sudah ada jadwal khusus pada masing-masing hari, di mana tempat paling hits sedang menggelar pesta.


Senin, semua berkumpul ke Luigi's Hot Pizza untuk merayakan Metto Monday. Rabu dan Kamis bergantian antara Behind the Green Door dan Da Maria. Sedangkan Jumat, biasanya ramai di The Vault. Sabtu-Minggu, pembagian 'kue' pesta dirasakan oleh semua tempat. Jadwal ini bisa disetujui, bisa juga tidak, toh tidak ada kewajiban. Tapi yang pasti, di sanalah para pentolan berkumpul.

Luigis Hot Pizza Canggu Bali saat Metto Monday yang berubah jadi tempat partyLuigis Hot Pizza Canggu Bali saat Metto Monday yang berubah jadi tempat party Foto: Rachman_punyaFOTO


Adi Yukey, seorang pengusaha f&b yang kemudian mendapatkan gelar terhormat, Duta Pergaulan Canggu menyatakan, Canggu party setiap hari. "Setiap hari party, from Monday to Monday," katanya ketika detikHOT bertamu ke Bali.


Di sebuah sore, sembari santai menikmati cocktails, perantau asal Sumatera yang sudah 12 tahun menetap itu menebalkan cerita narasumber pada tulisan sebelumnya terkait pergeseran wilayah pesta di Bali.


"Awal-awal gue pindah ke Bali sih masih Kuta, Seminyak paling mentok situ. Daerah Petitenget, Batu Belig, daerah Canggu sih masih hutan semua. Terus sekitar 2010-an baru beberapa kayak Deus itu buka di Canggu. Masih sawah-sawah semua sih Canggu, masih sepi. Ya bisa dibilang hari ini Canggu adalah pusat. Sekarang semua ke Canggu, tempat-tempat lain nggak seramai di sini. Padahal Bali itu luas kan. Bali itu punya Karang Asem, punya Lovina, punya Barat Bali, Tapi semua ke Canggu."


"Ditambah lagi, Canggu soalnya kecil ya kan. Canggu itu desa, bahkan nggak sebesar Jakarta Selatan. Terus lo mau ke mana-mana juga deket."


Nama Deus atau Deus Ex Machina selalu disebut oleh seluruh narasumber sebagai jangkar pertama pergaulan di Canggu. Bagi yang tidak tahu, Deus sendiri merupakan bengkel motor custom asal Australia, yang kemudian berkembang ke fashion dan f&b. Deus Canggu sendiri berdiri sejak 2010.

Boscang Adiyuka (@catchmeifyukey) anak gaul dan Party di sekitar Canggu, Bali.Boscang Adi Yukey (@catchmeifyukey). Foto: Rachman_punyaFOTO

Selanjutnya tentang Deus sang pelopor

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT