5 Permainan Khas Lebaran Buat Isi Waktu Luang Bareng Keluarga

Tia Agnes - detikHot
Minggu, 01 Mei 2022 17:05 WIB
Dua bocah bermain congklak dengan menerapkan protokol kesehatan di Lapangan Merdeka, Medan, Sumatera Utara, Minggu (20/9/2020). Kegiatan yang digelar Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Medan tersebut guna melestarikan permainan tradisional serta mengurangi ketergantungan anak dengan gawai. ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi/Lmo/aww.
Foto: ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi
Jakarta -

Jelang Hari Raya Idul Fitri, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu bersama dengan keluarga. Salah satunya dengan main permainan khas Lebaran yang bakal membuatmu nostalgia ke masa lampau.

Berikut 5 rekomendasi permainan tradisional khas Lebaran, seperti dirangkum redaksi detikcom:

1. Main Kelereng

Hanya membutuhkan kelereng, kamu bisa menambah keseruan hari Lebaran dengan main permainan tersebut. Permainan kelereng bisa dilakukan di dalam maupun luar ruangan, tergantung tempat masing-masing.

Pada umumnya sebelum memainkan kelereng terlebih dahulu pemain membuat garis atau gambar kotak lintasan dan menaruh beberapa kelereng.

Masing-masing pemain menyentilkan kelereng tersebut dengan jarak yang disepakati, apabila beberapa kelereng keluar dari lintasan, maka kelereng akan menjadi miliknya.

2. Engklek

Ada yang ingat dengan permainan tradisional Engklek? Kamu tinggal membuat beberapa jenis petak yang biasa digunakan untuk bermain engklek, seperti bentuk huruf L, kincir angin sampai gunung.

Caranya, pemain lebih dahulu melempar koin atau batu ke kotak yang paling dekat lalu pemain bergerak ke kotak tersebut. Pemain terus melakukan hal tersebut sampai ke kotak paling atas.

3. Petak Umpet

Siapa sih yang tidak suka bermain petak umpet? Permainan yang tergolong sederhana ini cukup mudah dilakukan.

Caranya, salah satu pemain harus menjaga pos dengan mata terpejam sambil menghitung. Pemain lainnya bersembunyi di tempat yang paling aman. Setelah hitungan selesai, penjaga pos pun harus mencari pemain yang bersembunyi.

4. Congklak

Nah, kalau permainan congklak cukup mudah dengan alat yang dipakai yakni papan congklak dan biji congklak yang memiliki 16 lubang. Permainan ini hanya cukup dimainkan oleh dua orang saja.

5. Ular Naga Panjang

Permainan Ular Naga Panjang ini terbilang seru karena dimainkan oleh banyak orang. Pemain membutuhkan sebanyak 7 orang, awalnya dengan menentukan dua orang sebagai penjaganya, dan sisanya harus melewati penjaga.

Setelah penjaga sudah ditentukan, pemain lainnya harus bernyanyi 'Ular Naga Panjang' sambil melewati gerbang hingga lagu habis. Satu orang yang tertangkap harus keluar dari barisan, dan begitu seterusnya.



Simak Video "Sidak Usai Libur Lebaran, Bobby Nasution Temukan 2 Kantor Lurah Kosong!"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)