Podcast Kamu Butuh Website Biar Makin Profesional, Ada Tips Buat Hosting Gratis

Tim detikcom - detikHot
Kamis, 13 Jan 2022 19:34 WIB
google podcast
(Foto: Istimewa/VentureBeat) Punya website adalah salah satu cara untuk membuat podcast kamu terlihat profesional. Berikut ini tips hosting gratis yang bisa kamu lakukan.
Jakarta -

Konten podcast tengah menggeliat di Indonesia saat ini. Spotify sudah memproduksi dan mengakuisisi banyak judul sebagai podcast original mereka. detikcom pun punya Podcast ngedrakor! buat pecinta drama Korea dan ada Podcast Tawa Setan untuk pecinta cerita-cerita horor mencekam.

Para podcaster tentunya punya cara berbeda untuk mempromosikan podcast mereka salah satunya adalah dengan fokus membangun komunitas di media sosial. Namun salah satu cara untuk membuat podcast kamu terlihat lebih profesional adalah dengan memiliki website khusus.

Tentu saja setiap platform podcast menyediakan kolom keterangan buat kamu menuliskan rangkuman obrolan tentang episode terbaru podcast kamu. Tapi dengan punya website, kamu bisa melakukan lebih banyak. Kamu bisa punya halaman profil sendiri buat podcast kamu atau misalnya laman khusus per episode tempat kamu bisa lebih mengelaborasi obrolan yang dilakukan di podcast.

Saat berkolaborasi dengan podcaster lainnya, kamu juga bisa lebih leluasa untuk menuliskan alasan kenapa kamu memilih mengundang podcaster tersebut dalam episode khusus. Hal-hal yang nggak bisa kamu katakan di podcast atau yang terlupa kamu sampaikan bisa dijelaskan dalam bentuk tulisan dengan ruang yang lebih leluasa apabila punya website sendiri.

Selain itu, tentu saja dengan punya website, podcast kamu akan jadi lebih terlihat profesional. Kamu bisa mencantumkan link referal menuju ke platform streaming tempat orang-orang bisa mendengarkan podcast kamu, atau malah bisa streaming langsung di website tersebut. Ketika pendengar setia kamu selalu kembali ke website, dalam jangka panjang kamu pun bisa menjadikannya lahan buat beriklan dan dapat pemasukan tambahan untuk podcast.

Ada banyak peluang yang bisa kamu raih dengan memiliki website podcast khusus. Terlebih saat ini ketika semua orang tak bisa jauh dari ponsel, website yang mobile friendly sangat dicari. Tentunya kamu juga harus pilah-pilih domain dan hosting yang berkualitas demi menjaga kestabilan akses situs website yang kamu bangun.

Memang untuk memiliki domain dan hosting pribadi butuh biaya yang sedikit lebih banyak. Untuk itulah penyedia layanan hosting premium pangeran.co.id memberikan 10 ribu akun hosting gratis kepada para pebisnis online pemula, termasuk kamu yang ingin membuat website untuk podcast. Hosting gratis ini berlaku khusus selama tahun 2022 untuk berbagai platform website. Meski gratis, kamu bisa menggunakan semua fitur premium dan unggulan demi mengoptimalkan website kamu.

Salah satu cara untuk membuat podcast kamu terlihat lebih profesional adalah dengan memiliki website khusus.Salah satu cara untuk membuat podcast kamu terlihat lebih profesional adalah dengan memiliki website khusus. Foto: dok. Istimewa

Pemilik situs penyedia layanan hosting premium pangeran.co.id menyediakan dana Rp 1 miliar per tahun demi bisa memberikan layanan hosting gratis buat masyarakat Indonesia yang mau berkembang.

"Kami punya perusahaan hosting serupa, tapi dengan manajemen yang berbeda. Sebenarnya kami pemain lama sejak tahun 2009, tapi ini dulu sekali. Kami berharap program ini bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan," kata Eko dalam rilis resmi.

Tak ada syarat buat mendapatkan hosting ini cukup dengan masuk ke halaman website dan mendaftarkan akun. Langkah selanjutnya melakukan login dan registrasi awal dengan memasukkan domain yang sudah aktif. Untuk mendapatkan layanan hosting gratis ini, kamu harus punya domain agar hosting-nya bisa diaktifkan dan pendaftarannya harus dilakukan sendiri, tidak boleh menggunakan proxy.

Nah, selamat mencoba!

(aay/mau)