detikHot

culture

Melihat Keris Zaman Mataram dari Masa ke Masa

Sabtu, 02 Nov 2019 14:36 WIB Bagus Kurniawan - detikHot
Halaman 1 dari 3
Melihat Keris Zaman Mataram dari Masa ke Masa Foto: Bagus Kurniawan/ detikcom
Yogyakarta - Museum Sonobudoyo Yogyakarta bersama Komunitas Keris Lar Gangsir mengelar pameran keris. Acara bertajuk 'Festival Keris Mataram' ini memamerkan keris-keris era Mataram hingga sekarang.

Pameran yang digelar di eks gedung KONI, kompleks Museum Sonobudoyo Yogyakarta digelar mulai hari ini, Jumat (1/11/2019) hingga tanggal 7 November 2019.

Jumlah seluruhnya pusaka yang ditampilkan total 97 buah yang meliputi keris 81, tombak 12, pedang 2, dan wedung 2 buah," ungkap Ketua panitia, Nilo Susena disela-sela pembukaan pameran, Jumat (1/11/2019).


Melihat Keris Zaman Mataram dari Masa ke MasaFoto: Bagus Kurniawan/ detikcom


Dari jumlah tersebut lanjut Nilo, tangguh atau era pembuatan berasal dari kerajaan Mataram awal zaman Panembahan Senopati, Sultan Agung, Amangkurat, Kartasura, era Hamengku Buwana hingga saat ini atau garapan baru.

Setiap era atau masa suatu kekuasaan/kerajaan mempunyai ciri khas yang berbeda-beda. Situasi dan kondisi politik, ekonomi, dan sosial, serta filosofi juga melatarbelakanginya pembuatan keris waktu itu, misal di zaman peperangan dengan situasi yang damai akan berbeda.

"Sebagai salah satu warisan budaya adiluhung masyarakat Indonesia yang sudah diakui UNESCO, keris bukan hanya sebuah senjata, keris juga mempunyai banyak fungsi dan simbol seperti simbol kebesaran atau status sosial," paparnya.


(bgs/tia)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com