DetikHot

culture

Ini Band yang Jadi Pengisi Lagu di Pentas 'Perempuan Perempuan Chairil'

Sabtu, 19 Ags 2017 18:45 WIB  ·   Dyah Paramita Saraswati - detikHOT
Ini Band yang Jadi Pengisi Lagu di Pentas Perempuan Perempuan Chairil Foto: White Shoes & the Couples Company (Asep Syaifullah/detikHOT)
Jakarta - Dalam pentas 'Perempuan Perempuan Chairil', grup musik White Shoes & the Couples Company, akan ikut andil menjadi pengisi lagu. Menurut salah satu personelnya, Ricky Surya Virgana, akan ada sekitar tiga lagu baru, yang dibuat untuk keperluan pertunjukan ini.

Lirik dari lagu-lagu tersebut, dibuat berdasarkan gabungan dari beberapa puisi dan sajak-sajak karya Chairil Anwar.



"Jadi liriknya di-mix dari beberapa puisi. Iya sudah sama directornya dan sama penulisnya pas dikirim saya dibilangin ini udah di-combine dari beberapa puisinya Chairil Anwar," kata Ricky saat ditemui di Dia. Lo. Gue Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (19/8/2017).

Jika lirik dari lagu-lagu yang akan mereka buat adalah berdasarkan dari puisi karya Chairil Anwar, berbeda dengan arasemennya. Menurut Ricky, ia mencoba membuat arasemen yang sesuai dengan era ketika Chairil Anwar hidup.



Ada beberapa kelompok musik yang terkenal di masa itu yang dijadikan inspirasi. Di antaranya adalah, Orkes Gumarang Jang Terkenal, Teruna Ria, Orkes Kumbang Jari dari Sumatera Barat dan juga Orkes Tropicana dari Medan.

"Jadi gini kan sebenarnya, ngeliatnya tahunnya kan kembali ke tahun dan backgroundnya Chairil sendiri dari Sumatera Barat," ungkap Ricky.

Bagi Ricky, membuat lagu yang berangkat dari puisi adalah sesuatu yang berada di luar zona nyaman White Shoes & the Couples Company.



"Biasanya kan lagu untuk mengiringi puisi itu kan minimalis, hanya dengan gitar, dan lebih sendu. Tapi ini mereka mau yang seperti White Shoes. Mereka mau yang lagunya full band, upbeat nggak apa-apa. Harus dengan gaya yang fun, tapi kan kami juga harus lihat dulu juga," ujar Ricky lagi.

Kendati sang vokalis Aprilia Apsari atau Sari tengah menantikan kelahiran buah hatinya, yang dijadwalkan akan melahirkan sekitar Oktober atau November mendatang, Ricky belum bisa memastikan apakah White Shoes & the Couples Company, akan dapat tampil live dipertunjukan tersebut.

"Itu kami nggak tahu, tapi kami sudah bilang dari awal. Yaudah akhirnya it's okay," kata Ricky lagi.
(srs/wes)

Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed