UAS Bantah Sebut Halalkan Bom Bunuh Diri Sebagai Mati Syahid

ADVERTISEMENT

Round-Up

UAS Bantah Sebut Halalkan Bom Bunuh Diri Sebagai Mati Syahid

Tim Detikhot - detikHot
Sabtu, 10 Des 2022 06:30 WIB
detikKultum Ustaz Abdul Somad: Islam Rahmatan Lil Alamin
Foto: Ilustrasi detikcom
Jakarta -

Peristiwa mengenaskan bom yang terjadi di Polsek Astanaanyar kota Bandung, Jawa Barat, menjadi berita mengejutkan sejak beberapa hari terakhir. Wajah pelaku yang diduga besar melakukan bom bunuh diri itu pun sudah terungkap.

Di tengah kejadian tersebut, tersiar potongan video Ustaz Abdul Somad (UAS) sedang ceramah dan menegaskan aksi bom bunuh diri sebagai mati syahid.

Video itu ramai dibicarakan netizen di jagat maya. Pro dan kontra pun terjadi.

Perwakilan UAS, Faiz Sumarno, yang diketahui sebagai Koordinator Media UAS membantah hal tersebut kepada detikcom.

"UAS tidak pernah menghalalkan bom bunuh diri," tegas Faiz Sumarno.

Bahkan dia juga menyertakan link potongan video saat UAS menjelaskan mengenai kontroversi tersebut. Potongan videonya disebut telah lama terjadi dan saat itu pro kontra karena terkait bom di Palestina.

"UAS dalam sebuah kajian di Masjid Raya An Nur Provinsi Riau hanya pernah menjawab pertanyaan jamaah terkait bom bunuh diri (dalam persepsi jama'ah) di Palestina," ungkap Faiz.

Faiz kembali melanjutkan mengenai video di masa lampau tersebut. "UAS dengan jelas menerangkan perbuatan masyarakat Palestina adalah istisyhadiyah (استشهادية) di tempat yang spesifik, Palestina, itu bukan bunuh diri," jelasnya.

Dia kembali melanjutkan, "UAS jelaskan fatwa Syaikh Yusuf al-Qaradawi dan fatwa ulama yang lain. UAS tidak pernah membolehkan bom bunuh diri di Indonesia, apalagi di kantor polisi."

Sebelumnya, UAS menjadi pembicaraan karena pertemuan dengan Daniel Mananta yang disebut datang ke pengajiannya. Dalam salah satu akun Facebook Alnofiandri Dinar, UAS sama sekali tidak pernah memaksakan untuk mengucapkan dua kalimat syahadat.

"Bang Daniel, Temukanlah Hidayah Dengan Caramu! Selaku muslim, jama'ah, sahabat, atau fans UAS, kita tidak perlu sesak napas dan buru-buru berharap Bang VJ Daniel Mananta dan istri, Viola Maria, memeluk Islam," buka dalam keterangan Facebook tersebut dilihat detikcom pada 10 November lalu.

"Tidak perlu bertanya-tanya, "Kok Bang Daniel belum log in juga, khan sudah jalan bareng UAS dan mungkin sudah dikasih tahu passwordnya?!" Tidak perlu kesal. Awas, nanti naik kolesterol dan asam urat. Biarlah hidayah Dia temukan dengan caranya. Biarlah Allah yang menganugerahkan hidayah kepada Bang Daniel. Kita cukup mendoakannya," sambungnya lagi.



Simak Video "Heboh Sejumlah Orang Tolak UAS Ceramah di Jonggol"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT