Perjalanan Karier Daniel Mananta: dari VJ, Film, hingga Isu Mualaf

ADVERTISEMENT

Perjalanan Karier Daniel Mananta: dari VJ, Film, hingga Isu Mualaf

Sayyidatus Syarifah - detikHot
Rabu, 23 Nov 2022 21:26 WIB
Daniel Mananta
Foto: Pradita Utama/detikcom
Jakarta -

Nama Daniel Mananta kini sedang ramai dibicarakan. Dia diisukan menjadi mualaf lantaran seringkali terlihat hadir dalam kajian-kajian Islami. Jauh sebelum kabar pindah agama, Daniel Mananta sudah jadi sosok yang populer. Dia mulai dikenal dengan nama VJ Daniel hingga punya konten Daniel Tetangga Kamu yang menampilkan banyak sosok selebriti dan membongkar cerita-cerita pribadi mereka.

Daniel Mananta mengawali kariernya sebagai VJ MTV. Dari situ dia mulai merambah ke berbagai bidang di industri hiburan Tanah Air. Daniel Mananta menjadi pembawa acara, aktor hingga YouTuber. Keturunan Tionghoa-Indonesia ini lahir di Jakarta pada 14 Agustus 1981. Daniel memulai karier sebagai VJ di MTV Indonesia pada Mei 2003. Daniel menang di ajang MTV VJ Hunt tahun 2003 yang diselenggarakan oleh MTV Indonesia. Namanya semakin dikenal oleh publik saat ia menjadi pembawa acara di ajang pencarian bakat bernyanyi Indonesian Idol. Ia menjadi pembawa acara Indonesian Idol sejak musim ketiga yaitu tahun 2006 sampai musim kesepuluh tahun 2019-2020.

Selama berkarier di dunia hiburan, Daniel juga merambah ke bidang akting dengan membintangi sinetron berjudul I Love U Boss dan Antara Cinta dan Dusta. Ia juga pernah membintangi beberapa judul film, antara lain Rumah Dara, Killers, A Man Called Ahok, dan Susi Susanti: Love All. Daniel juga pernah terjun ke balik layar menjadi produser eksekutif untuk film Killers dan Susi Susanti: Love All. Susi Susanti: Love All sukses masuk nominasi piala citra tahun 2020.

Daniel Mananta kerap disebut sebagai artis yang multitalenta karena ia menggeluti beberapa bidang di dunia hiburan.Tak hanya multitalenta, Daniel juga berhasil menorehkan prestasi dalam kariernya.

Pada tahun 2013 ia meraih penghargaan Panasonic Gobel Awards untuk kategori Presenter Talent Show. Ia berhasil meraih penghargaan tersebut setelah tiga kali masuk nominasi namun belum berhasil menang. VJ Daniel juga pernah dipilih sebagai pengisi suara untuk film Despicable Me pada 2010 dan Despicable Me 2 tahun 2013 silam. Selain itu, pada 2018 lalu ia membintangi peran utama sebagai Ahok dewasa dalam film A Man Called Ahok.

Sejak Daniel hengkang dari Indonesia Idol, ia lebih aktif sebagai seorang YouTuber. Daniel terlihat aktif membuat podcast untuk konten YouTubenya. Hampir semua podcast Daniel berisi tentang perjalanan spiritual atau tentang keagamaan. Salah satu narasumber yang pernah diundang ke podcast Danie adalah Ustaz Abdul Somad. Berawal dari podcast itulah ia mulai terlihat akrab dengan Ustaz Abdum Somad.

Kini Daniel Mananta menjadi perbincangan hangat saat dirinya mengunjungi kediaman Ustaz Abdul Somad (UAS) di Pekanbaru, Riau. Hal itu terlihat dari postingan instagram Daniel Mananta yang menampilkan foto kebersamaannya dengan pendakwah tersebut.

Belakangan ini, Daniel juga kerap terlihat hadir dalam kajian-kajian Islami hingga beredar kabar bahwa ia menjadi mualaf. Kebersamaan Daniel dengan Ustaz Abdul Somad dan hadirnya ia di kajian-kajian Islami mendapat banyak komentar positif. Namun, Daniel Mananta belum memberikan jawaban pasti mengenai rumor dirinya mualaf atau tidak.

(aay/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT