Komnas PA Sarankan Billar Steril Dulu, Baru Bersatu dengan Lesti Kejora

ADVERTISEMENT

Komnas PA Sarankan Billar Steril Dulu, Baru Bersatu dengan Lesti Kejora

Desi Puspasari - detikHot
Minggu, 23 Okt 2022 10:11 WIB
Lesti Kejora dan Rizky Billar
Rizky Billar dan Lesti Kejora dianjurkan tak bersama dulu usai kasus KDRT dihentikan. Foto: Ahsan/detikcom
Jakarta -

Rizky Billar yang langsung diizinkan pulang oleh pihak kepolisian usai kasus KDRT diberhentikan menuai protes. Kondisi Billar masih diragukan dan dianggap bisa kembali melakukan hal yang sama terhadap Lesti Kejora.

Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait mengatakan seharusnya Rizky Billar diterapi terlebih dulu. Itu dilakukan demi memastikan kondisi emosional Rizky Billar.

"Si suami Lesti ini pelaku kekerasan dia harus steril dulu, harusnya saya mengusulkan dulu setelah dia dinyatakan bebas oleh Polres Jakarta Selatan, dia otomatis tak boleh pulang dulu harus diterapi dulu," kata Arist Merdeka Sirait di studio Pagi Pagi Ambyar, Transmedia, Jakarta Selatan.

"Dia (Rizky Billar) sudah minta maaf dan mengakui kesalahan itu. Itu eksploitasi, demi kepentingan anak belum tentu si Rizky mencintai anak, saya harus memastikan dulu. Siapa tahu kekerasan-kekerasan fisik maupun verbal yang dilakukan sebelum dilaporkan itu dilakukan di hadapan anaknya saat bertengkar," jelasnya.

Umur anak Lesti Kejora dan Billar yang masih berusia 8 bulan sudah bisa merekam perilaku kedua orang tuanya. Hal itu dikhawatirkan akan diingatnya. Terlebih di usianya yang belum setahun, putra Billar dan Lesti Kejora sudah bisa berkomunikasi dalam bentuk tangisan.

Hal-hal seperti itu menurut Arist Merdeka Sirait bisa diuji. Itulah sebabnya Rizky Billar tak boleh langsung dipertemukan dan dipersatukan langsung dengan Lesti Kejora dan anaknya.

"Itu bisa diuji, sebenarnya jangan dipertemukan dulu. Bukan saya mengatakan harus dipisah, tapi disterilkan dulu bapaknya supaya dia ada jaminan tidak melakukan tindakan yang sama. Maksud saya itu. Bukan nggak boleh (bersatu kembali) karena dia punya hak juga sebagai ayah," tegas Arist Merdeka Sirait.

Selain minta maaf, Rizky Billar dianjurkan untuk diterapi oleh tenaga ahli. Cara itu bisa dilakukan hingga Rizky Billar dijamin tak akan kembali melakukan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

"Bukan hanya minta maaf, datanglah dan hadirlah untuk diterapi sungguh-sungguh supaya janjinya tepat. Siapa yang bisa jamin dia tak akan kembali melakukan? Dia janji ke orang tua, itu harus ada tes diperiska secara baik. Baru kita dukung membangun keluarga yang baik dan mencintai anak-anaknya," kata Arist Merdeka Sirait.

Sampai saat ini belum ada respons langsung dari Lesti Kejora dan Rizky Billar. Setelah muncul bersama tepat saat kasus KDRT dihentikan, Rizky Billar dan Lesti belum kembali muncul di depan publik.

Semalam Lesti Kejora untuk pertama kalinya kembali manggung dalam konser putra Ruben Onsu, Betrand Putra Onsu. Lesti Kejora terlihat biasa saja dan kualitas suaranya tak bermasalah karena kerongkongannya sempat sakit akibat dicekik Rizky Billar.



Simak Video " 5 Fakta Terkait Status Tersangka Rizky Billar"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT