Arist Merdeka Sirait Nilai Rizky Billar Tak Seharusnya Langsung Dibebaskan

ADVERTISEMENT

Arist Merdeka Sirait Nilai Rizky Billar Tak Seharusnya Langsung Dibebaskan

Desi Puspasari - detikHot
Sabtu, 22 Okt 2022 10:40 WIB
Lesti Kejora dan Rizky Billar
Rizky BIllar tak seharusnya langsung dibolehkan pulang. Foto: Ahsan/detikcom
Jakarta -

Arist Merdeka Sirait gencar mengungkapkan rasa kecewanya terhadap Lesti Kejora yang mencabut laporan dan memilih kembali dengan Rizky Billar. Lesti Kejora dianggap mengeksploitasi anak untuk menjadi alasan membebaskan Rizky Billar dari kasus KDRT.

Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait menilai alasan Lesti Kejora membebaskan Rizky Billar demi anak bisa keliru. Pelaku kekerasan diatur dalam undang-undang bisa kehilangan hak asuh anak.

"Anak membutuhkan Bapak? Bapak yang bagaimana? Bapak yang anti kekerasan, tidak mukulin istri," kata Arist Merdeka Sirait di Studio Pagi Pagi Ambyar, Transmedia, Jakarta Selatan.

"Siapa orang tuanya? Berperilaku apa? karena ada persyaratan dalam Undan-undang perlindungan anak. Jika suami atau istri drug abuse, tempramen, pelaku kekerasan, ini nggak boleh untuk sementara anaknya diasuh bapaknya," tegas Arist Merdeka Sirait.

"Ini ada dalam Undang-undang Nomor 35 tahun 2014 dapat dicabut hak asuhnya sementara. Rizky itu bisa dicabut hak kuasa asuhnya karena sudah ditetapkan sebagai tersangka dan dua alat bukti sudah cukup," sambungnya.

Dia menilai orang tua rujuk baik untuk anak, tidak semudah itu disimpulkan. Arist Merdeka Sirait juga menyayangkan sikap kepolisian yang langsung memulangkan Rizky Billar.

"Tidak semata-mata itu. Si suami pelaku kekerasan dia harus steril dulu, harusnya saya mengusulkan dulu ke Polres Jakarta Selatan, dia otomatis tak boleh pulang dulu harus diterapi dulu. Dia (Rizky Billar) sudah minta maaf dan mengakui kesalahan itu. Itu eksploitasi, belum tentu si Rizky mencintai anak, saya harus memastikan dulu. Siapa tahu kekerasan-kekerasan yang dilakukan sebelum dilaporkan itu dilakukan di hadapan anaknya," tutur Arist Merdeka Sirait.

Rizky Billar bebas setelah dilakukan restorative justice dan Lesti Kejora mencabut laporan serta membuat kesepakatan damai. Lesti Kejroa mengatakan Rizky Billar sudah mengakui perbuatannya dan janji tidak melakukan itu lagi.



Simak Video "Psikis Rizky Billar dan Lesti Terganggu Usai Dapat Ancaman"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/Dep)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT