Fase Andien Jadi Korban Kekerasan hingga Berani Speak Up

ADVERTISEMENT

Round-Up

Fase Andien Jadi Korban Kekerasan hingga Berani Speak Up

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 18 Okt 2022 06:45 WIB
No Bra Day, 5 Artis Ini Berjuang Lawan Tumor Payudara
Unggahan Andien di media sosial. Dok. Instagram @andienaisyah
Jakarta -

Kekerasan dalam hubungan menjadi topik hangat saat ini. Penyanyi Andien Aisyah juga mengaku mengalami tindak kekerasan oleh mantan kekasihnya.

Ia pun memilih untuk bercerita agar perempuan yang juga menjadi korban penganiayaan bisa berani bersuara seperti dirinya.

Pengalaman pahit tersebut dialami oleh penyanyi solo itu sebelum menikah. Mantan kekasihnya tersebut beberapa kali melakukan kekerasan terhadapnya selama 9 bulan pacaran.

"Saat dia marah luapkannya ditonjok, dicekik, dipukul hardcase gitar, dibeset pakai pisau, turunin di jalan," kata Andien di Studio FYP, Mampang, Jakarta Selatan, Senin (17/10/2022).

Ketika itu, Andien bingung harus melakukan apa. Ia juga takut untuk bercerita dengan orang lain. Trauma yang dialami Andien pun cukup panjang.

Namun beruntung, belakangan ini, ia berani untuk bersuara atas kekerasan yang dialaminya tersebut.

"Mungkin saat ini ya aku berani menjalani proses healing, proses sampai hari ini ketika aku berani mengeluarkan statement sesuatu yang berkaitan dengan masa lalu aku pastikan tanpa emosi. Dalam arti aku murni bercerita karena memang aku perlu merasa ini harus diceritakan," terang Andien.

Setelah berhasil keluar dari hubungan yang tidak sehat itu, Andien mencoba menganalisa. Ia menduga ada beberapa faktor yang menjadi latar belakang mantan kekasihnya melakukan kekerasan.

"Sebenarnya aku juga lupa ya pernah nanya apa nggak. Yang jelas kalau aku mencoba menganalisa di hari ini ya kan aku menganalisa aku mau mencoba melihat dari sudut pandang helikopter gitu, aku merasa sebenarnya keterbatasan komunikasi mungkin dari pihak dia nggak bisa menyampaikan, komunikasikan dengan baik,sehingga jatuhnya ya sudah deh, pukul saja," bebernya.

Ia mengungkapkan hal itu untuk mengedukasi banyak pasangan yang mungkin sedang terjebak pada situasi yang sama. Menurutnya korban juga tidak melulu wanita, tapi pria juga punya kemungkinan yang sama.

"Perempuan bisa melakukan hal yang sama tapi dalam arti tenaganya nggak sebesar laki-laki, jadi nggak begitu sebegitunya," ungkapnya.

Kisah itu pun viral di media sosial dan ternyata Andien tidak sendirian. Ada beberapa wanita yang juga mengaku mengalami tindak kekerasan dari pasangannya.

Ia pun memaklumi ada beberapa orang yang masih takut untuk buka suara soal kekerasan yang dialami. Andien mengaku sempat ada di posisi tak berani buka mulut bahkan ke orang tua sendiri.

"Mungkin bisa memberikan inside lain bagi teman-teman lain yang juga mengalami hal yang serupa, perempuan-perempuan lain yang juga dalam situasi seperti aku pada saat itu," pungkasnya.



Simak Video "Curhat Andien Aisyah Pernah Alami Kekerasan oleh Mantan Pacar"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT