Bruce Willis Pensiun, Kini Jual Hak Pakai Wajahnya ke Perusahaan Deepfake

ADVERTISEMENT

Bruce Willis Pensiun, Kini Jual Hak Pakai Wajahnya ke Perusahaan Deepfake

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Sabtu, 01 Okt 2022 17:34 WIB
Bruce Willis
Foto: Instagram @brucewillisbw
Jakarta -

Bruce Willis sudah memutuskan untuk mundur dari dunia akting. Tapi rupanya ini bukan akhir dari karier sang aktor Die Hard di industri film. Dia masih akan tetap 'tampil' dalam proyek film atau serial ke depannya namun tidak secara fisik melainkan digital. Bruce Willis telah menjual hak cipta penggunaan wajahnya ke perusahaan Deepfake bernama Deepcake.

Deepfake merupakan teknologi rekayasa yang memungkinkan wajah seseorang untuk ditempel secara digital ke tubuh orang lain dalam gambar atau video. Dengan teknologi digital yang canggih, deepfake memungkinkan seseorang tampil dalam produk video atau gambar tanpa benar-benar melakukannya.

The Telegraph menulis, Bruce Willis jadi aktor Hollywood pertama yang menjual hak cipta penggunaan wajahnya untuk perusahaan deepfake. Dengan begitu, Bruce Willis mengizinkan perusahaan tersebut untuk menggunakan wajahnya di berbagai proyek di masa depan dengan manipulasi digital.

Teknologi ini, meski sudah pernah dilakukan dalam berbagai proyek seperti Rogue One: A Star Wars Story dan The Mandalorian season 2, sempat menimbulkan kontroversi. Banyak yang mempertanyakan apakah deepfake merupakan hal yang etis untuk dilakukan karena wajah seseorang sepenuhnya ditempel dengan machine learning dan AI.

Apa yang dilakukan Bruce Willis bersama Deepcake ini menghapus tabu di industri Hollywood soal deepfake. Bruce Willis membuka jalan untuk aktor lain melakukan hal yang sama sehingga tak perlu lagi mempermasalahkan etika deepfake ketika hak guna itu sudah diberikan secara resmi.

Bruce Willis pensiun karena mengidap afasia. Penyakit itu kini mengganggu kemampuan kognitifnya seperti diberitahukan oleh anak perempuannya, Rumer, lewat Instagram.

"Kepada para pendukung Bruce yang luar biasa, sebagai anggota keluarga, kami ingin mengumumkan Bruce kami yang tercinta tengah mengidap masalah kesehatan dan belum lama ini divonis mengidap afasia, yang mempengaruhi kemampuan kognitifnya," tulis Rumer Willis.

"Sehingga dengan banyak pertimbangan, Bruce memilih mundur dari karier yang sangat berarti baginya," lanjut sang putri.

Dalam unggahan yang sama, Rumer Willis juga mengungkap rasa terima kasihnya kepada fans yang selama ini sudah mendukung karier sang ayah.

"Ini adalah waktu-waktu yang sangat menantang bagi keluarga kami, dan kami sangat menghargai cinta, kasih sayang, dan dukungan kalian semua," tulisnya.

"Kami bersama-sama melewati ini semua sebagai satuan keluarga yang kuat. Kami ingin memberitahukan hal ini kepada fans karena kami tahu betapa berartinya Bruce untuk kalian, begitu pula sebaliknya. Bruce selalu bilang, 'Live it up'. Dan kami akan bersama-sama melakukan itu," tambahnya.



Simak Video "Mengenal Afasia, Penyakit Gangguan Komunikasi yang Diidap Bruce Willis"
[Gambas:Video 20detik]
(sro/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT