Bruce Willis Pensiun, Sang Die Hard Kini Tumbang oleh Afasia

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 01 Apr 2022 05:30 WIB
NASSAU, BAHAMAS - DECEMBER 01:  Tiger Woods of the United States hits a shot from a greenside bunker on the 14th hole during round one of the Hero World Challenge at Albany, The Bahamas on December 1, 2016 in Nassau, Bahamas.  (Photo by Christian Petersen/Getty Images)
Bruce Willis pensiun dari dunia seni peran usai mengidap afasia. Dok. Getty Images
Jakarta -

Bintang Die Hard, Bruce Willis memutuskan mundur dari dunia akting. Hal tersebut karena masalah kesehatan yang diidapnya. Kabar tersebut disampaikan oleh Rumer Willis, putri Bruce, melalui akun Instagram.

Dalam posting-an tersebut ia mengungkap sang ayah tengah mengidap afasia hingga mengganggu kemampuan kognitifnya.

"Kepada para pendukung Bruce yang luar biasa, sebagai anggota keluarga, kami ingin mengumumkan Bruce kami yang tercinta tengah mengidap masalah kesehatan dan belum lama ini divonis mengidap afasia, yang mempengaruhi kemampuan kognitifnya," tulis Rumer Willis.

"Sehingga dengan banyak pertimbangan, Bruce memilih mundur dari karier yang sangat berarti baginya," lanjut sang putri.

Dalam unggahan yang sama, Rumer Willis juga mengungkap rasa terima kasihnya kepada fans yang selama ini sudah mendukung karier sang ayah.

"Ini adalah waktu-waktu yang sangat menantang bagi keluarga kami, dan kami sangat menghargai cinta, kasih sayang, dan dukungan kalian semua," tulisnya.

"Kami bersama-sama melewati ini semua sebagai satuan keluarga yang kuat. Kami ingin memberitahukan hal ini kepada fans karena kami tahu betapa berartinya Bruce untuk kalian, begitu pula sebaliknya. Bruce selalu bilang, 'Live it up'. Dan kami akan bersama-sama melakukan itu," tambahnya.

Bruce Willis memulai kariernya sebagai aktor pada 1980-an lewat sejumlah film, seperti The Verdict. Namanya mulai meledak saat membintangi Moonlighting bersama Cybill Shepherd dan membintangi Die Hard pada 1988.

Sepanjang kariernya, Bruce Willis dinominasikan lima kali di ajang Golden Globes dan membawa pulang satu piala untuk aktingnya di Moonlighting, dan tiga kali untuk Emmy Award. Dia memenangi dua piala, yaitu satu untuk perannya di Moonlighting dan satu lagi untuk penampilannya sebagai bintang tamu di Friends.

Menurut WebMD, afasia adalah gangguan komunikasi yang membuat seseorang kesulitan menggunakan kata-kata lisan atau tulisan. Ini terjadi karena kerusakan pada bagian otak yang memproses bahasa, biasanya akibat stroke, trauma, atau penyakit saraf lainnya.

Gejala dari afasia bisa berupa:

  • Kesulitan bicara
  • Sulit menggunakan kata atau istilah yang tepat
  • Kerap memakai kata yang keliru
  • Kesulitan memahami lawan bicara
  • Kesulitan menulis
  • Berbicara dengan kalimat singkat atau sederhana

"Orang yang mengidap afasia mungkin mengalami kesulitan berbicara dan menemukan kata-kata yang tepat. Mereka mungkin juga memiliki masalah dalam memahami percakapan, membaca dan memahami kata-kata tertulis, menulis kata, serta menggunakan angka," tulis WebMD.

Kondisi afasia bisa dibantu menjadi lebih baik lewat terapi bicara. Seorang terapis akan menemukan cara bagaimana pengidap bisa berkomunikasi lebih efektif dengan keterbatasannya.



Simak Video "Mengenal Afasia, Penyakit Gangguan Komunikasi yang Diidap Bruce Willis"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/aay)