ADVERTISEMENT

'Kriss Hatta Tak Beretika Pacari Anak 14 Tahun, Harus Putus!'

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 28 Sep 2022 15:21 WIB
Kriss Hatta saat ditemui di Polda Metro Jaya.
Kriss Hatta tak beretika mengaku pacari anak umur 14 tahun. Foto: Palevi S/detikFoto
Jakarta -

Kriss Hatta menuai reaksi keras karena mengaku menjalin asmara dengan perempuan berusia 14 tahun. Arist Merdeka Sirait geram dan menyayangkan Kriss Hatta justru mempublikasikannya.

Usia 14 tahun ditegaskan oleh Arist Merdeka Sirait sebagai Ketua Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA) masuk dalam kategori anak.

"Jadi gini saya ingin sampaikan dulu batasan usia anak itu di bawah 18 tahun. Jadi remaja yang saat ini sedang disukai si Kriss Hatta masih kategori anak, kalau dia pacaran dengan anak yang paling muda seperti itu," kata Arist Merdeka Sirait kepada detikcom, Rabu (28/9/2022).

"Komnas Perlindungan Anak tegas menilai itu menyalahi prosedur dan etika karena tidak ada istilah di dalam Undang-undang Perlindungan Anak itu suka sama suka. Tidak ada suka sama suka. Suka sama suka itu adalah orang dewasa. Maka saya jelaskan batasan usia anak itu di bawah 18 tahun," tegasnya.

Oleh karena itu ketika orang berusia dewasa memacari anak di bawah umur tidak sesuai dengan etika pergaulan anak-anak. Terlebih Kriss Hatta mengumumkan dengan gamblang ke publik dan itu menjadi salah besar.

"Jadi saya kira apalagi ini mengumumkan ke publik. Itu menyalahi etika bisa saja kecenderungan melakukan eksploitasi seksual, bisa saja kecenderungan itu terjadi. Bisa juga jadi kecenderungan paedofilia kalau etikanya dilanggar," jelas Arist Merdeka Sirait.

"Jadi Kriss Hatta artinya melanggar etika yang tidak sesuai dengan Undang-undang Perlindungan Anak gitu. Oleh karena itu Komnas Perlindungan Anak minta sama Kriss Hatta apalagi itu mengumumkan kepada publik, nggak elok dan tidak beretika!" tegas Arist Merdeka Sirait.

Arist Merdeka Sirait meminta Kriss Hatta untuk menyudahi hubungan dengan gadis 14 tahun itu. Meskipun Kriss Hatta tidak mengumumkan identitas sang kekasih, itu tetap jadi contoh buruk.

"Diselesaikan (putus). Kenapa sih harus diumumkan? Sudah tidak beretika diumumkan ke publik seolah-olah meminta pengesahan ke publik. Itu tidak bisa!"

"Komnas Perlindungan Anak tidak mentolerir itu. Itu sudah nggak benar. Dia nggak boleh pacaran dengan anak-anak. Kalau misalnya dia bilang saya bebas memilih, iya (benar) tapi bukan anak-anak yang dipilih, orang dewasa dong," tukas Arist Merdeka Sirait.



Simak Video "4 Poin Kecaman KPAI Terhadap Kriss Hatta"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT