ADVERTISEMENT

Jena Dammaya Donorkan Mata, Tujuannya Mulia!

Mauludi Rismoyo - detikHot
Rabu, 21 Sep 2022 13:40 WIB
jena dammaya
Jena Dammaya Donorkan Mata, Tujuannya Mulia! (Foto: dok Instagram)
Jakarta -

Selebgram Jena Dammaya kembali mengunggah hal yang mengejutkan di media sosial. Usai vaksinasi HPV, ia mengaku habis menjadi pendonor mata.

Kepada detikcom, Jena Dammaya menceritakan mengenai hal tersebut. Ia mengaku memang ingin berguna untuk orang lain kelak sudah tak ada.

"Yang donor kornea mata itu ramai banget sih. Jadi sebenarnya aku sudah daftar 2 tahun lalu di Bank Mata Indo, tapi di situ semenjak Corona rada temporary close gitu, jadinya aku nyari-nyari nih donor di mana. Akhirnya aku donor di Lions Eye Bank Jakarta yang di Puri. Dia kayak lembaga non-profit yang menerima donor kita. Jadi aku donor gratis, yang nerima juga gratis," ujar Jena.

"Jadi misal aku meninggal, langsung dipakai ke orang lain. Cuma syaratnya aku nggak tahu," lanjutnya.

Lebih lanjut, Jena Dammaya menjelaskan tujuan di balik mengunggah soal donor mata. Ia juga merasa ingin memberi pengetahuan ke orang lain mengenai hal tersebut.

"Yang dipikiran aku, aku mau membantu sesama manusia sih, kan mereka juga mau melihat dunia kayak kita melihat dunia. Tujuannya ya aku juga mau meng-influence orang-orang biar mereka sadar donor kornea itu ada lho di Indonesia," tutur Jena.

"Di Indonesia donor kayak gini kayak kurang tersebar ibaratnya, jadi masyarakat banyak yang buta pengetahuan apa sih donor. Aku mau kasih tahu di Indonesia ada lho," sambungnya.

Jena Dammaya mengaku terkejut melihat respons warganet soal postingan donor mata. Ia mengatakan jadi pendonor mata karena terinspirasi dari ibunda dan mendiang kakek.

"Responsnya aku kaget sih, 85 persen netizen aku nggak tahu donor mata apa. Di situ aku excited juga untuk menjelaskan ke mereka, karena banyak yang nggak tahu," kata Jena.

Jena Dammaya menjelaskan lagi ingin tetap bisa berbagi selama hidup dan kelak sudah tiada. Ia ingin membantu orang-orang yang kekurangan dalam hal melihat.

"Sebenarnya kalau dari awal aku suka berbagi. Semasa hidup berbaginya ke panti asuhan saja. Nah aku pikir gimana kalau meninggal, sayang banget nih badan kita nggak kepakai, jadi menurut aku kita bisa sumbangkan ke orang selagi masih bisa disumbangkan dan mereka masih bisa pakai," pungkasnya.



Simak Video "Wajahnya Mejeng di Kartun Instagram Jokowi, Intan Sriastuti Kaget"
[Gambas:Video 20detik]
(mau/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT