ADVERTISEMENT

Kata Ustaz: Hei Ledies... Ada Penyakit Ain, Ingat 2 Hal Ini Saat Posting Foto

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 21 Sep 2022 06:06 WIB
Ulama
Ustaz Syam Elmarusy. Foto: dok.Instagram Ustaz Syam Elmarusyi
Jakarta -

Posting foto di media sosial dengan dalih sebagai kenang-kenangan, itu boleh-boleh saja. Tapi untuk wanita ada nasihat penting yang harus diperhatikan untuk kebiasaan ini.

Penyakit ain itu nyata. Ada orang yang suka dan tidak kepada orang lain, foto bisa menjadi tempat masuknya penyakit ain tersebut.

Kata Ustaz mengambil nasihat Ustaz Syam Elmarusy soal wanita yang suka mengunggah foto di media sosial. Itu diperbolehkan dalam bahtsul masail, lembaga pengkajian masalah agama yang dibentuk oleh Nahdlatul Ulama (NU). Bahtsul masail mengambil keputusan dalam pengkajian hukum Islam mencakup persoalan fiqih, tauhid, dan tasawuf. Ditinjau dari sisi historis dan operasionalitasnya.

Namun, ada dua syarat yang harus diperhatikan oleh wanita. Berikut penjelasan lengkap Ustaz Syam Elmarusy:

Dalam surat Al Imran, selama-lamanya wanita itu akan menjadi perhiasan bagi manusia. Dan wanita ini bisa menjadi fitnah bagi manusia.

Maka dalam pembahasan bahtsul masail yang dilakukan oleh ulama kita karena tragedi foto atau upload foto ini bukan sesuatu yang sudah dilakukan sejak zaman dahulu. Maka baru dibahas ulama kita.

Mereka membolehkan selama satu, tidak menimbulkan fitnah. Kedua, tidak menjerumuskan seseorang di mana orang-orang akan berkomentar negatif. Ada orang nggak suka komentar negatif tapi, dia sendiri membuat postingan sehingga membuat orang-orang berkomentar negatif. Maka itu yang dilarang dalam agama Islam.

Maka dua syarat ini mesti dipenuhi seorang wanita. Ketika ia memposting fotonya, ketika ia meng-upload fotonya dua syarat ini harus terpenuhi. Satu, tidak menimbulkan fitnah. Kedua tidak membuat orang lain berkomentar negatif atas postingannya.

Subhanallah, yang perlu kita pahami adalah selama-lamanya wanita akan menjadi fitnah bagi manusia. Nabi Muhammad SAW mengingatkan, 'Tidak ku tinggalkan sesuatu yang lebih menimbulkan fitnah dibandingkan wanita.' Padahal waktu itu Nabi Muhammad SAW bersama para wanita saliha semua, mereka menutup aurat semua.

Karena banyak yang beralasan saya meng-upload foto menutup arat kok, apa menimbulkan fitnah? Masih ada peluang menimbulkan fitnah. Saya foto dengan keluarga kok apa akan menimbulkan fitnah? Masih ada peluang untuk menimbulkan fitnah.

Subhanallah, bukan maksud menggurui, wanita akan selamanya bisa berpeluang menimbulkan fitnah. Yang menutup aurat saja bisa menimbulkan fitnah, apalagi yang membuka aurat.

Yang upload foto bersama keluarga saja bisa menimbulkan fitnah. Apalagi berbangga dengan diri sendiri. Yang memposting sesuatu yang baik saja bisa menimbulkan fitnah, jikalau itu adalah wanita. Apalagi dia memposting sesuatu yang tidak baik dan tidak sesuai dnegan ajaran Islam.

Perlu digarisbawahi, penyakit ain itu nyata adanya. Maka setiap kali posting mintalah perlindungan oleh Allah SWT, atas segala sesuatu yang mungkin akan terjadi. Bisa jadi ada yang terlalu muji, bisa jadi ada yang iri hati, bisa jadi juga ada orang yang tidak suka dengan orangnya.

Masalah posting foto ini bukan masalah posting atau tidaknya, tapi menimbulkan komentar negatif atau tidaknya.



Simak Video "Viral Perempuan Bercadar Paksa Pengunjung Malioboro Tutup Aurat"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT