Isu Akidah, Hijrah dan Mistis di Balik Perceraian Roro Fitria

ADVERTISEMENT

Isu Akidah, Hijrah dan Mistis di Balik Perceraian Roro Fitria

Desi Puspasari - detikHot
Kamis, 15 Sep 2022 12:25 WIB
Roro Fitria dan Suami
Roro Fitria dan suami saat masih bersama. Foto: Febriyantino/ detikHOT
Jakarta -

Setelah digugat cerai, suami Roro Fitria dituduh melakukan kekerasan. Suami Roro Fitria, Andre Irawan menegaskan dirinya tegas menyoal akidah.

Andre Irawan sebagai suami punya toleransi dan menghormati istrinya. Akan tetapi, Andre Irawan akan tegas apabila itu menyangkut tentang akidah.

"Kalau bicara keras, sebenarnya buat saya gini, dalam sisi apa dulu? Laki-laki pemimpin dalam rumah tangga. Buat saya ketegasan dalam rumah tangga adalah yang berhubungan dengan akidah, saya harus benar-benar tegas. Hitam ya hitam, putih ya putih, nggak ada yang abu-abu," tegas Andre Irawan ditemui di kawasan Pakubuwono, Jakarta Selatan, semalam.

Roro Fitria dahulu dikenal dengan salah satu artis yang lekat dengan hal-hal mistis. Pemilik nama lengkap Raden Ayu Tumenggung Nyai Roro Fitria itu termasuk pemercaya kejawen.

Soal kejawen yang dipercayai Roro Fitria, Andre Irawan tak menjawab gamblang. Andre Irawan tak mau menjawab lugas apakah sang istri masih mempercayai hal tersebut atau tidak.

"Datengin dong ke rumahnya," jawab Andre tersenyum.

Setelah bebas dari kasus narkoba, Roro Fitria tampil berhijab dan mengaku hijrah. Andre Irawan menceritakan apa saja yang kerap dia lakukan bersama Roro Fitria untuk mewujudkan tentang hijrah.

"Saya tegas, dari yang pertama sering ada kabar burung. Nyai beberapa kali saya ajak ngaji, ketemu guru, seperti itu biar sama-sama kita belajar untuk hijrah," tuturnya.

"Kalau orang bicara hijrah ya nggak akan bicara soal benda keramat, benda pusaka. Orang hijrah itu real buang semua yang berbau mistis atau apa. (Ternyata) nggak bisa juga. Tapi saya sebagai pemimpin, kalau misalnya nggak bisa ya pelan-pelan. Satu tahun ini pas udah punya anak saya rasa mungkin berubah.Namanya udah punya anak biasanya kan perempuan kalau sudah jadi ibu akan berubah," beber Andre Irawan.

Andre Irawan memahami Roro Fitria yang menyebut hal-hal berbau mistis itu adalah budaya. Dia pun tak ingin langsung meminta Roro Fitria membuang hal-hal itu secara langsung.

"Kalau hal seperti itu si kalau dia bilang budaya. Tapi Nggak mungkin langsung saya bilang, pelan-pelan, saya sabar. Tapi Ada batasnya, karena ini bicaranya prinsip akidah, nggak bisa (lama-lama)," tuturnya.

"Orang dengan iman yang kuat dia akan bela agamanya, bicara tauhid lo nggak bisa minta sama siapapun selain sama Allah SWT," tegas Andre Irawan.


Saksikan juga d'Mentor On Location: Cuan 'Maut' Ekspor Ikan Hias Laut

[Gambas:Video 20detik]



(pus/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT