Ria Ricis Alami Mastitis, Awalnya Dikira Bengkak Biasa

ADVERTISEMENT

Ria Ricis Alami Mastitis, Awalnya Dikira Bengkak Biasa

Desi Puspasari - detikHot
Rabu, 14 Sep 2022 13:48 WIB
Baby Moana anak Ria Ricis-Teuku Ryan
Ria Ricis alami mastitis. Foto: YouTube/Ricis Official
Jakarta -

Ria Ricis tengah menikmati masa-masa menjadi ibu yang menyusui. Namun ada saja sesuatu terjadi yang menguji kesabaran Ria Ricis menjadi ibu.

Adik Oki Setiana Dewi itu menceritakan gejala mastitis yang dia alami. Seminggu sebelum tahu mengalami mastitis, Ria Ricis mengalami kondisi kesehatan yang tidak begitu baik.

"Semua itu berawal ketika malam hari, aku dalam keadaan tepar. Harusnya aku harusnya pumping 2 jam sampai 3 jam sekali. Aku sudah pasang alarm paling lama ya 3 jam sekali lah, cuma dalam keadaan capek banget, kurang tidur banget, jadi kan nggak sengaja alarmnya tuh aku setop, aku matiin," cerita Ria Ricis dalam channel YouTube-nya.

"Jadi aku juga nggak sadar, suami aku juga tidur lelap. Jadi aku tidur lagi sampai akhirnya alarm kedua bunyi, berarti itu sudah lewat 6 jam," sambungnya.

Sampai akhirnya, keesokan harinya Ria Ricis mulai ada yang tidak biasa dengan payudaranya. Ria Ricis sudah beberapa kali melakukan pijat laktasi.

"Kemudian keesokan harinya mulai terasa kayak grenjel-grenjel gitu. Aku kira bengkak biasa, karena aku sudah pijat laktasi hampir 4 kali. Dan tiga kali sebelumnya itu hanya bengkak biasa bukan mastitis," ucapnya.

"Tapi ternyata yang satu ini, aku kayak hopeless, aku sudah massage, pumping dua jam sekali, DBF makin sering, tapi nyeri nggak hilang," cerita Ria Ricis.

Kemudian Ria Ricis mencoba mengecek sendiri untuk mengetahui apa yang terjadi dengan payudaranya.

"Pas aku cek kan kalau mastitis itu ada kayak merahnya gitu radang, pas aku lihat ini, alhamdulillah sih kalau dari mata aku ya aku nggak lihat radang gitu," ungkapnya.

Ketika hasil ASI yang dihasilkan melalui pumping tidak sebanyak biasanya, Teuku Ryan meminta Ricis untuk memanggil dokter laktasi.

"Kita panggil dokter laktasi akhirnya. Terus aku tanya, 'Dokter aku kenapa ya, gini, gini, gini?' Pas dicek, wah, aku dibilang katanya 'Ini mastitis, Bu Ricis,'" cerita Ria Ricis.

Ria Ricis tak memungkiri dirinya kaget. Ria Ricis langsung menginginkan kesembuhan.

"Pas dokter bilang aku mastitis, aku bilang, 'Aku harus sembuh, Dok, suami dan anak aku butuh aku,'" ucap Ricis.

Dalam kondisi tersebut, Ria Ricis sangat bersyukur Teuku Ryan selalu ada untuknya. Teuku Ryan kerap memberikannya semangat.

"Alhamdulillah suami aku support banget, 'Ayang semangat pasti sembuh. Ayang kamu tahu kan ada aku sama Moana yang selalu nungguin kamu,'" ceritanya.

"Kalimat-kalimat maut itu yang buat aku, aku bisa. Semua buat Moana. Aku harus sehat untuk suami dan anak aku," tegas Ria Ricis.

Dilansir dari berbagai sumber, Mastitis adalah peradangan pada jaringan payudara. Kondisi ini biasanya dialami oleh ibu menyusui dan bisa mengganggu proses pemberian ASI untuk bayi.



Simak Video "Cerita Ria Ricis yang Sempat Alami Baby Blues"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT