ADVERTISEMENT

Round-Up

Luna Maya Korban Baru Tantangan Keripik Super Pedas

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 19 Agu 2022 05:30 WIB
Gaya Modis Luna Maya Foto di Depan Gerobak Bakso Malang
Unggahan Luna Maya di media sosial. Dok. Instagram @lunamaya
Jakarta -

Baru-baru ini heboh berita terkait Luna Maya yang dilarikan ke rumah sakit saat membuat konten dengan Bobon Santoso.

Pria yang berprofesi sebagai koki itu akhirnya memberikan penjelasan soal Luna Maya yang mengerang kesakitan hingga dibawa ke rumah sakit.

Luna Maya menjadi bintang tamu di konten koki Bobon Santoso. Ia ingin menantang Luna makan keripik pedas dari luar negeri yang dikenal dengan nama Paqui One Chip Challenge.

Di awal video Luna Maya langsung menawarkan diri untuk mencoba sedikit keripik itu lebih dulu. Tapi, 'sedikit' yang dimaksud Luna Maya dianggap terlalu banyak oleh Bobon Santoso.

"Deg-degan. Gue nggak maksa ya," ucap Bobon ketika melihat Luna Maya santai memakan keripik tersebut dalam channel YouTubenya.

Akhirnya, lama kelamaan Luna Maya justru merasa pahit dan berteriak kepedasan.

"Nggak bisa deh gue ini," kata Luna Maya dengan wajah memerah.

"Ayo tantangannya apa? Gue pantang menyerah," ucap Luna Maya menantang.

Tak tega melihat Luna Maya kepedasan, akhirnya Bobon Santoso ikut memakan keripik tersebut. Bobon juga sudah meminta timnya untuk memberikan Luna Maya susu atau air hangat.

Beda dengan Luna, Bobon sedikit menggigit keripik tersebut lalu merasa tidak tahan dan membatalkan tantangan itu. Dia lantas mengganti acaranya dengan memasak telur dadar dicampur keripik paqui.

Ketika Bobon Santoso sedang memasak telur dadar, Luna Maya mengatakan matanya kunang-kunang.

"Kok kunang-kunang gue. Aduh gila... argh...," teriak Luna Maya yang ternyata semakin merasakan pedas yang luar biasa.

Ternyata, efek pedas paqui semakin lama justru makin terasa. Ketika telur dadar jadi, Luna Maya kembali mencobanya.

"Ini pedas banget sih," ucap Luna Maya sambil bangun dari duduknya.

Ketika itu dia tersedak dan semakin membuatnya merasa kepedasan. Luna Maya langsung merasakan sesak napas. Luna pun menyemprotkan obat asma yang biasa dia bawa.

"Argh... sesak napas gue," ucap Luna Maya yang kembali membuat Bobon Santoso kaget sang artis ternyata mengidap asma.

Tantangan serupa juga sempat menimpa beberapa artis dan konten kreator. Hal ini membuat para netizen heran kenapa masih saja ada yang rela atau mau melakukan hal tersebut.

Sementara itu ada pula yang bertanya-tanya kenapa keripik itu bisa membuat Luna Maya sesak napas.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam dari RS Brawijaya Depok, dr Aru Ariadno, SpPD KGEH, sesak napas bisa terjadi apabila asam lambung naik akibat mengonsumsi makanan pedas. Asam lambung yang meningkat tersebut awalnya mengiritasi lambung dan memicu rasa nyeri. Setelah itu, lambung akan mengeras akibat iritasi.

Secara anatomi lambung bersebelahan dengan diafragma (bagian bawah rongga dada atau paru-paru), sehingga saat orang bernapas otot-otot diafragma akan menekan lambung. Karena nyeri, maka otot-otot tersebut tidak dapat berkembang dengan baik dan memicu rasa sesak.

"Sesak napas akibat gangguan di lambung diakibatkan karena lambung langsung berbatasan dengan diafragma yang merupakan bagian bawah dari rongga dada atau bagian bawah dari paru. Saat asam lambung meningkat yang pada kasus Luna Maya akibat makanan terlalu pedas, maka lambung akan teriritasi yang mengakibatkan rasa nyeri. Lalu lambung akan mengeras akibat iritasi," tuturnya saat dihubungi detikcom, Rabu (17/8).

"Karena letaknya bersebelahan dengan diafragma, saat kita bernafas maka otot-otot diafragma akan menekan lambung. Karena nyeri, maka otot diafragma tidak dapat berkembang dengan baik, akibatnya akan timbul sesak. Sesak yang timbul akibat gangguan lambung diakibatkan karena secara anatomi letak lambung bersebelahan dengan diagfragma, jadi efeknya adalah sesak," ucap dr Aru.



Simak Video "Penjelasan Bobon Santoso soal Luna Maya Kesakitan Dibawa Ambulans"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT