ADVERTISEMENT

4 Penyanyi Ini Pernah Diperiksa KPK, Terakhir Nowela Idol

Muhammad Ahsan Nurrijal - detikHot
Minggu, 31 Jul 2022 12:06 WIB
Cita Citata
Cita Citata salah satu penyanyi yang pernah dipanggil KPK. Foto: Hanif Hawari
Jakarta -

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil penyanyi Nowela Elizabeh Auparay pada Jumat (26/3/2021). Jebolan ajang pencarian bakat itu diperiksa terkait kasus dugaan aliran dana dari Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak.

Rupanya, bukan kali ini saja ada penyanyi yang masuk dalam pusaran korupsi para pejabat di Indonesia akibat diundang untuk menyanyi. Berikut deretan artis yang terseret kasus korupsi pejabat.

1. Nowela Elizabeth Auparay

KPK memanggil Nowela Elisabet Auparay atau Nowela Idol terkait kasus dugaan suap dan gratifikasi dengan tersangka Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak. Penyanyi berdarah Papua dan Batak dipanggil sebagai saksi.

Juara Indonesian Idol 2014 itu mengaku menerima uang dari Ricky Pagawak sebagai honor atas profesinya sebagai penyanyi. Nowela mengaku pernah diundang nyanyi oleh Ricky Pagawak pada 2021 lalu.

2. Cita Citata

Cita Citata diperiksa KPK terkait kasus dugaan aliran dana bantuan sosial yang dilakukan oleh mantan Menteri Sosial, Juliari Peter Batubara pada tahun 2021 lalu.

Sebelumnya, pelantun 'Goyan Dumang' itu menjadi pengisi acara di Kementerian Sosial dalam sebuah acara yang diselenggarakan di Labuan Bajo. Dari undangan tersebut, ia dikabarkan menerima uang sebesar Rp 150 juta.

3. Rya Fitriani

Pedangdut Rya Fitriani sempat diperiksa KPK pada tahun 2013 lalu atas kasus dugaan korupsi penanganan perkara pengurusan sengketa Pemilukada di Mahkamah Konstitusi (MK). Ia diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk mantan Ketua MK, Akil Mochtar, yang ditetapkan sebagai tersangka kasus itu.

Rya Fitria menerima pembayaran atas jasanya manggung dalam acara kampanye Akil Mochtar ketika mencalonkan diri sebagai gubernur Kalimantan Barat.

4. Betty Elista

Pada 2021 pedangdut Betty Elista juga terdengar di KPK. Dia terseret karena diduga menerima uang hasil kejahatan dari Edhy Prabowo.

Betty Elista mengaku menerima total Rp 66 juta dari Edhy Prabowo selama 2020.



Simak Video "Yosep Parera, Tenar dengan Akun 'Klinik Hukum' Kini Jadi Pesakitan"
[Gambas:Video 20detik]
(ahs/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT