ADVERTISEMENT

Kata Ustaz: Sudah Tahu Ada 4 Kedudukan Mengangkat Tangan saat Salat?

Tim detikcom - detikHot
Kamis, 28 Jul 2022 06:00 WIB
Habib Muhammad Syahab
Penjelasan Habob Muhammad Syahab tentang sunah mengangkat tangan saat salat. Foto: dok. Capture Islam Itu Indah
Jakarta -

Salat adalah kewajiban yang harus dilakukan setiap hari. 5 waktu salat dalam sehari tentunya berharap salat kita diterima dan diridai Allah SWT.

Tapi, pertanyaan bagaimana salat yang benar tidak pernah habis. Kata Ustaz kali ini, membahas tentang kapan harusnya mengangkat kedua tangan saat salat.

Habib Muhammad Syahab dalam Islam Itu Indah, memberikan penjelasan tentang sunah-sunah yang ada di tengah salat, salah satunya mengangkat kedua tangan.

Habib Muhammad Syahab mengatakan ada 4 kedudukan mengangkat tangan saat salat.

Berikut penjelasan lengkap Habib Muhammad Syahab:

Di antara sunah-sunah di tengah salat ada yang namanya mengangkat tangan. Mengangkat tangan di dalam salat ada empat kedudukan. Dalam fiqih Imam Syafi'i ada empat kedudukan.

Ketika takbiratul ikhram, ada yang (mengucap) Allahuakbar, sampai selesai 'bar' nya (tangan masih diangkat). Ada yang Allahuakbar, (saat 'akbar' tangan sudah bersedekap). Ini cara pertama, mengangkat tangan ketika takbiratul ikhram.

Ada yang bertanya, lantas kalau tidak mengangkat tangan saat takbiratul ikhram sah atau tidak sah. Boleh saja Allahuakbar (tidak angkat tangan) tapi afdhaliyah-nya (keutamaannya) nggak dapat. Itu yang pertama.

Kedua, kapan kita disunahkan mengangkat tangan? Ketika kita rukuk. Kapan mulai angkat tangannya, pas Allahuakbar, 'bar' nya pas rukuk lempeng. Ini disunahhkan mengangkat tangan.

Ketiga, kapan disunahkan mengangkat tangan? Ketika i'tidal. Sami'allaahulimanhamidah, lihat angkat tangannya saat (sami'allaahulmanhamidah) 'dah' lempeng tangannya.

Kemudian kapan lagi mengangkat tangan? Ketika bangun dari tasyahud awal. Kapan mulai mengangkat tangannya? Ketika mendekati rukuk. Jadi Allahuakbar (saat posisi sudah mendekati rukuk atau setengah berdiri baru angkat tangan) jangan dari bawah (sudah angkat tangan).

Dari yang lain tak disunahkan, pokoknya yang disunahhkan hanya empat ini saja.



Simak Video "2 Pria Geber Knalpot Bising dan Ugal-ugalan Saat Warga Salat Id di Cianjur"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT