ADVERTISEMENT

Mayang Adik Vanessa Angel Tak Lulus Tes FKG Universitas Moestopo

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 06 Jul 2022 11:26 WIB
mayang
Mayang tak lulus tes FKG Universitas Moestopo, tapi masih ada kesempatan. Foto: dokumen pribadi
Jakarta -

Soal Mayang, adik Vanessa Angel bikin heboh karena mengaku dapat beasiswa masuk Universitas Moestopo. Ternyata masih jadi calon mahasiswa, Mayang tak lulus mengikuti tes masuk Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Moestopo.

Mayang sudah mengikuti tes pada 2 Juli 2022. Rektor Universitas Moestopo Prof Dr Paiman Raharjo membenarkan Mayang Lucyana Fitri sudah mengikuti tes.

"Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama merupakan universitas unggul, ternama. Karena keunggulan itu, segala persyaratan seleksi mahasiswa sangat ketat. Terkait Mbak Mayang memang betul, tercatat sebagai calon mahasiswa FKG. Mbak Mayang juga memenuhi persyaratan semuanya yang ditentukan oleh FKG sudah dipenuhi," kata Prof Dr Paiman Raharjo di Universitas Moestopo, Senayan, Jakarta Selatan.

Adik Vanessa Angel itu memenuhi syarat karena lulusan dari SMA MIPA. Mayang juga disebut mempunyai nilai rata-rata 81. Nilai tersebut diakui tinggi oleh Prof Dr Paiman Raharjo.

"Kemudian Mbak Mayang juga sudah ikut tes pada 2 Juli 2022. Dalam proses seleksi ini ada beberapa uji kompetensi dan juga soal-soal yang terkait ilmu pengetahuan, bahasa Inggris, matematika, uji kompetensi terkait kedokteran," jelasnya.

"Memang dari hasil tes, Mbak Mayang belum memenuhi nilai standar yang ditetapkan Fakultas Kedokteran Gigi, sehingga tidak bisa gelombang ini Mbak Mayang diterima di Fakultas Kedokteran Gigi karena tidak memenuhi standar nilai yang ditetapkan oleh Fakultas Kedokteran Gigi," sambung Prof Dr Paiman Raharjo.

Dalam hal ini, FKG mempunyai standar nilai minimal 75. Standar nilai FKG memang ketak dan beda dengan fakultas lainnya dan itu sudah ditetapkan oleh asosiasi pendidikan kesehatan.

Akan tetapi, nilai yang didapat Mayang disebut bisa secara paralel membuatnya diterima di fakultas lain yang masih berada di Universitas Moestopo.

"Namun, Mbak Mayang secara paralel dari hasil nilai tesnya bisa diterima di Fakultas Komunikasi, Fakultas Ekonomi, Fakultas ISIP," tuturnya.

Akan tetapi, apabila Mayang tetap ingin masuk FKG, adik mendiang Vanessa Angel itu masih bisa mengikuti tes di gelombang selanjutnya.

"Dari tidak memenuhi standar tadi, Mbak Mayang diberi kesempatan untuk ikut tes lagi di gelombang berikut, 30 Juli 2022. Jika ingin tetap masuk FKG. Ada gelombang berikutnya, 30 Juli 2022 ada gelombang lagi, tapi bukan khusus buat Mayang. 30 Juli, terakhir 13 Agustus. Tapi kalau nanti kuota sudah cukup kita tak buka gelombang lagi, mahasiswa ini sudah dibatasi," ungkap Prof Dr Paiman Raharjo.

Rektor Universitas Moestopo memberikan nasihat, apabila Mayang ingin memperjuangkan keinginan masuk FKG ada baiknya mengikuti bimbingan belajar untuk menghadapi kembali tes seleksi masuk.



Simak Video "Mayang Merasa Dijebak Doddy, Dipaksa Me-review Jelek Skincare"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT