ADVERTISEMENT

Hot Questions

Deddy Mizwar: Jangan Jadi Unta di Makkah

M. Iqbal Fazarullah Harahap - detikHot
Kamis, 30 Jun 2022 11:57 WIB
Jakarta -

Babak akhir obrolan satu jam antara detikHOT dan Deddy Mizwar sampai pada pembahasan mengenai 'legacy'. Bukan semata diterjemahkan sebagai warisan harta, tapi lebih kepada bagaimana tongkat estafet dan nama besarnya di dunia film ini berlanjut.

Secara terbuka, detikHOT juga mengaitkan hal tersebut kepada anak-anak Deddy Mizwar yang sampai hari ini belum terlihat aktif di dunia seni peran tersebut. Baik sebagai pemain maupun orang-orang di belakang layar. Hal itu pun diamini oleh pemeran Sunan Kalijaga itu.

"Mereka punya jalan masing-masing. Nggak apa-apa, nggak ada masalah. Karena mereka membawa peran masing-masing dalam hidupnya. Mewarnai kehidupan dari situasi yang lain. Saya tidak pernah menyesali itu. Mereka kalau jadi pemain mungkin akan jadi pemain yang bagus, tapi mereka tidak memilih itu. Tugas saya sebagai orangtua, memberikan mereka pendidikan yang baik," aktor senior itu menjawab dengan tegas, saat ditemui di Kantor Citra Sinema, rumah produksinya miliknya di Kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

deddy mizwardeddy mizwar Foto: Rifky/detikHot

Beruntungnya, jawaban di atas kemudian membawa detikHOT pada cerita Deddy Mizwar lainnya, yang secara langsung tidak langsung, berkaitan dengan tongkat estafet sang Jenderal Nagabonar. Sekolah non-formal yang fokus pada pendidikan akting, bernama Demiz Academy. Di tempat itu, Deddy Mizwar mencoba membagi ilmu dan pengalamannya, kepada calon aktor dan aktris, agar mereka tidak seperti unta di Tanah Makkah. Apa maksudnya?

"Lo jangan jadi unta di Makkah. Unta itu lahir di Makkah, mati di Makkah, tapi nggak naik haji," selorohnya seraya memberikan analogi.

"Banyak orang main film, tapi nggak pernah jadi aktor. Mereka cuma jadi penghafal yang baik. Main film dan menjadi aktor adalah dua hal yang berbeda. Ada beberapa metode berpikir yang harus dijalankan kalau ingin menjadi aktor, kalau nggak lo keliru. Atau lo nggak niat, atau lo nggak tahu jalannya jangan-jangan. Apalagi industri sekarang itu stripping, itu yang kita bilang tadi, penumpulan pada bakat-bakat yang baik. Bagaimana perenungan untuk menganalisa nggak ada lagi, akhirnya dia hanya jadi penghafal yang baik. Seperti unta tadi, di Makkah, tapi nggak pernah naik haji. Main film, tapi bukan jadi aktor," sambung Deddy.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT