Kontroversi Ustaz Yusuf Mansur: Teriak saat Azan-Rumah Digerebek Massa

ADVERTISEMENT

Kontroversi Ustaz Yusuf Mansur: Teriak saat Azan-Rumah Digerebek Massa

prih prawesti febriani - detikHot
Selasa, 21 Jun 2022 10:00 WIB
Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Quran
Ustaz Yusuf Mansur saat ditemui di salah satu kawasan Jakarta. Foto: Iswahyudi / 20detik
Jakarta -

Ustaz Yusuf Mansur membuat heboh. Yang paling baru adalah rumahnya di kawasan Tangerang digerebek massa. Hal ini tentu saja membuat pertanyaan, di mana saat ini Ustaz Yusuf Mansur.

Sebelumnya ada beberapa kontroversi yang dilakukan Ustaz Yusuf Mansur ini. Kontroversi itu membuat dirinya menjadi sorotan banyak orang.

Berikut deretan kontroversi Ustaz Yusuf Mansur:


1. Rumah Digerebek Massa

Ustaz Yusuf Mansur menjadi perbincangan belakangan ini. Tadi malam rumahnya digerebek massa yang menanyakan soal investasi. Tapi Ustaz Yusuf Mansur tidak menemui massa yang mendatangi rumahnya tersebut, di mana Ustaz Yusuf Mansur?

Sekretaris Pelita Lima Pilar, Herry Joesoef, mengatakan ada sekitar 30 orang yang ikut mendatangi rumah Yusuf Mansur.

"Kita datangi, ngacir. Nggak tahu kabur ke mana. Satu versi, versi polisi menyebut bahwa dia ada di Yaman. Versi yang lain, saya dapatkan, dia kabur sama keluarganya ke Singapura sekarang. Nggak tahu yang benar yang mana," ungkap Herry saat dihubungi, Senin (20/6/2022) malam.

Menurutnya, investasi ini dilakukan pada sekitar akhir 2009 dan terkumpul hingga Rp 46 miliar. Namun tidak diakui oleh Yusuf Mansur.

"Padahal dia menjadi Komisaris Utama PT Padi Partner Perkasa, PT di mana tambang batu bara itu bernaung. Ternyata kan produknya nggak ada. Itu sudah 12 tahun sejak investasi," tambahnya.

2. Tidak Pernah Datang ke Sidang Investasi

Ustaz Yusuf Mansur tengah terjerat 3 kasus yang melibatkan dirinya sebagai tergugat. Seluruh kasus tersebut disidang di Pengadilan Negeri Tangerang.

Sidang tersebut sudah digelar. Selama persidangan, Ustaz Yusuf Mansur tidak pernah hadir. Hanya ada kuasa hukum yang hadir di sana.

Majelis hakim menjelaskan apabila kedua belah pihak tidak hadir dalam proses mediasi dua kali berturut-turut, maka dinyatakan tidak ada itikad baik dan agenda sidang berlanjut ke pokok perkara.

"Apabila dua kali berturut turut tidak hadir dinyatakan tidak ada itikad baik," ucap majelis hakim.

Sejauh ini, Ustaz Yusuf Mansur belum memberikan penjelasan terkait dirinya tidak pernah hadir di sidang investasi.

3. Teriak saat Azan

Ustaz Yusuf Mansur mendapatkan sorotan lagi karena unggahan media sosialnya. Ia dinilai tidak menghormati azan dengan berteriak-teriak ketika panggilan salat itu berkumandang.

Dalam sebuah video yang ada di akun Instagram Ustaz Yusuf Mansur, tampak dirinya berada di sebuah masjid bersama beberapa orang lain. Video itu direkam sendiri oleh dirinya.

Ustaz Yusuf Mansur memperlihatkan suasana di dalam masjid itu. Terdengar suara azan sedang berkumandang.

Namun di saat yang bersamaan, Ustaz Yusuf Mansur memanggil seseorang yang juga bagian dari jamaah yang ada di masjid tersebut.

"MasyaAllah, Allahuakbar! Wali nih wali, hei Jamil!" teriak Ustaz Yusuf Mansur.

Rencananya, setelah menjalani salat, Ustaz Yusuf Mansur bakal menjalani salah ghaib untuk mendiang Emmeril Kahn Mumtadz.

"Tadi alhamdulillaah menyalatkan ghaib di ekosistem Daqu. Disampaikan sebagai berbagi berita, bahwa kita tidak membiarkan Pak @ridwankamil dan Ibu @ataliapr, sendirian. Kita berdamai dengan izin Allah," tulis Ustaz Yusuf Mansur di Instagram.

detikcom berusaha menghubungi Ustaz Yusuf Mansur terkait hal ini, tapi ia enggan menanggapinya.


Kontroversi lain di halaman berikutnya

Simak juga 'Ustaz Yusuf Mansur: Viral Marah-marah hingga Belajar Sabar':

[Gambas:Video 20detik]




4. Konsep Sedekah yang Dianggap Seperti Merampok

Yahya Zainul Ma'arif atau Buya Yahya menanggapi konsep bersedekah Ustaz Yusuf Mansur. Menurutnya konsep itu tidak pernah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Hal itu disampaikan oleh Buya Yahya dalam ceramahnya. Video ceramah tersebut kemudian di upload ke media sosial.

"Kemudian 'jika kau pria siapa yang begini kemudian berinfak pahalanya begini, bersedekahlah begini' itulah cara nabi. Bukan menunjuk 'ente, kasih sedekah ya. Cincinmu bagus jual ya' nggak ada begitu. Nabi tidak mengajarkan begitu," kata Buya Yahya.

Menurut Buya Yahya konsep tersebut seperti merampok. Pada akhirnya, ia menganggap pemberi sedekah besar kemungkinan untuk tidak ikhlas.

"Itu bikin orang lari dari kebaikan jika dengan cara menunjuk, meminta. Itu seperti merampok, rampok pakai malu itu. Rampok kan pakai pedang dengan rasa malu, kalau nggak ngasih kan malu," kata Buya Yahya.

5. Marah-marah soal Paytren

Beberapa waktu lalu, netizen dihebohkan dengan video Yusuf Mansur marah-marah. Ia pun akhirnya memberikan penjelasan tentang hal tersebut.

Berdasarkan keterangannya, Yusuf Mansur menegaskan video tersebut dipotong-potong. Ia juga berharap kemarahannya di video tidak diikuti oleh publik.

"Beredar video lama saya yang dipotong. Video 1 jam dipotong 20 detik. Hikmahnya jangan ditiru karena saya marah-marah, dan itu nggak baik. Sudah terbukti marah-marah itu nggak baik. Saya lihat itu teguran dari Allah SWT supaya saya jadi orang yang nggak marah-marah," katanya.

"Orang yang marah-marah kayak saya seperti di video itu jauh dari ketenangan, jauh dari jalan keluar dari rezeki. Itu hikmahnya," jelas Yusuf Mansur.

(wes/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT