Gaji Pertama Shah Rukh Khan Rp 9 Ribu, Kini Bayaran Per Film Capai Rp 160 M

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 17 Mei 2022 21:43 WIB
Aryan Khan anak Shah Rukh Khan
(Foto: Instagram) Siapa sangka dulu Shah Rukh Khan pernah digaji hanya Rp 9 ribu. Kini bayarannya bisa ratusan miliar Rupiah.
Jakarta -

Tak ada yang tidak kenal Shah Rukh Khan di India. Label King of Bollywood melekat padanya selama lebih dari dua dekade. Popularitasnya di luar India termasuk Indonesia juga bukan main. Siapa sangka dulu Shah Rukh Khan pernah digaji hanya Rp 9 ribu.

Shah Rukh Khan menerima gaji pertamanya sebagai usher di konser penyanyi Pankaj Udhas. Di masa itu dia masih remaja dan hanya menerima bayaran 50 Rupee atau setara dengan Rp 9 ribuan dengan kurs saat ini. Dengan uang itu biasanya Shah Rukh Khan jalan-jalan melihat Taj Mahal.

Hal ini diungkap Shah Rukh Khan dalam salah satu kegiatan promosi filmnya. Dia buka-bukaan soal pekerjaan pertamanya di konser penyanyi populer tersebut sebagai usher. Usher biasanya melakukan banyak hal di lokasi konser salah satunya memberi petunjuk buat penonton konser.

Untuk pekerjaannya itu, Shah Rukh Khan berangkat dari Agra menggunakan kereta. Perjalanan yang dia tempuh cukup jauh ke lokasi pekerjaan dulu.

"Aku melakukan perjalanan jauh saat masih muda dulu. Pernah satu kali aku dapat gaji pertama setelah bekerja sebagai usher di konser Pankaj Udhas. Kami dibayar 50 Rupee dan langsung pergi ke Taj Mahal, tidak lupa juga menabung," katanya.

Gaji pertama Shah Rukh Khan tentu tidak dapat lagi dibandingkan dengan penghasilannya saat ini. Dari Rp 9 ribuan dia kini dibayar lebih dari Rp 160 miliar per satu judul film. Dikutip dari berbagai sumber, bayaran ini belum termasuk beberapa puluh persen keuntungan dari hasil penjualan tiket film tersebut.

Bisa dikatakan karier Shah Rukh Khan di industri hiburan ada campur tangan dari Pankaj Udhas juga. Meski tidak secara langsung membawa serta Shah Rukh Khan jadi bintang dalam gelaran konsernya, namun sang maestro penyanyi India yang kini berusia 71 tahun telah memberikan kesempatan buat Shah Rukh Khan untuk terjun bekerja di industri hiburan.

Tidak hanya Shah Rukh Khan, jasa penyanyi Pankaj Udhas amat besar pula buat aktor John Abraham. Berkat kesempatan yang diberikan oleh Pankaj Udhas kepada John Abraham di lagu berjudul Chupke Chupke Sakhiyon Se, sang aktor kenamaan dapat memperlihatkan bakat dan kemampuannya di awal karier sebelum sebesar sekarang.

"Pankaj Udhas adalah mentorku karena ketika aku masuk ke industri sebagai model, dia adalah orang yang menerimaku sebagai model video musiknya," kenang John Abraham dikutip Indian Express pada Selasa (17/5/2022).

(aay/wes)