ADVERTISEMENT

Si The Beast Kungfu Hustle Pernah Kena Daftar Hitam Hingga Lenyap 20 Tahun

tim detikhot - detikHot
Minggu, 15 Mei 2022 21:05 WIB
Bruce Leung
Bruce Leung di Kungfu Hustle Foto: dok ist
Jakarta -

Bruce Leung pernah dikenal sebagai Four Litlle Dragon di industri hiburan Hong Kong bersama dengan Bruce Lee, Jackie Chan dan Tam Fu-Wing. Tapi ia ternyata pernah ditolak industri.

Bruce Leung baru pada 2004 kembali ke dunia hiburan. Kala itu, ia membintangi Kungfu Hustle yang legendaris karya Stephen Chow.

Baru-baru ini, Bruce Leung bicara tentang alasan mengapa dia keluar dari film selama hampir 20 tahun.

Bruce Leung populer sejak 1981 sebagai pahlawan film yang jago kungfu. Di pertengahan 80-an, ia diundang ke China daratan untuk terjun ke industri.

Tapi, saat itu, Bruce Leung pernah membuat komentar yang membuatnya ditolak.

Bruce LeungBruce Leung Foto: dok ist

"Ini adalah pertama kalinya dalam hidup saya menginjakkan kaki di tanah air saya sendiri. Penontonnya hangat dan ramah kepada saya seperti anggota keluarga, yang membuat saya sangat tersentuh. Sebagai orang China, saya memberkati ibu pertiwi. Ekonomi sedang booming!" katanya.

Akibat komentar itu, Bruce Leung pun dilarang tampil lagi.

"Ketika saya kembali ke Hong Kong, saya mengetahui bahwa saya sudah masuk daftar hitam. Saat itu, saya pikir telah bekerja selama bertahun-tahun, dan saya sangat lelah. Lupakan saja, istirahat dulu. Untuk sementara, saya pikir akan tidur paling lama satu tahun, atau dua tahun," katanya.

"Ternyata tidak. Satu tahun telah berlalu, dua tahun telah berlalu, dan banyak wartawan bertanya kepada saya ketika mereka melihat saya. Saya tidak memberi tahu alasan sebenarnya pada waktu itu, dan saya tidak ingin menyinggung pemerintah Taiwan."

Bruce Leung mengaku pernah kesulitan keuangan. Serikat Pekerja Bebas Taiwan memintanya untuk menulis surat pertobatan dengan alasan ucapan yang tidak pantas, tetapi dia menolak permintaan itu.

Setelah menghilang dari dunia hiburan, Bruce Leung membuka restoran dan hotel. Bisnisnya berjalan dengan baik. Sampai Stephen Chow mengundangnya berkali-kali untuk keluar dan memainkan peran sebagai The Beast di Kungfu Hustle.



Simak Video "Rizky Billar Mangkir di Pemeriksaan Pertama Terkait KDRT"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT