Marshanda Tegaskan Sakit Mental Bukan Tren, Jangan Merasa Gaul

Desi Puspasari - detikHot
Jumat, 13 Mei 2022 10:06 WIB
Marshanda di Premier Film Srimulat
Marshanda sentil mereka yang ngerasa gaul klaim sakit bipolar tanpa diagnosis. Foto: Noel/detikcom
Jakarta -

Marshanda adalah salah satu artis pengidap bipolar disorder. Marshanda kerap memberikan edukasi bagaimana menyikapi penyakit mental tersebut.

Salah satu video yang Marshanda buat menjadi viral. Marshanda menegaskan soal bipolar atau penyakit mental lainnya yang tak bisa didiagnosis oleh diri sendiri.

"Buat kalian, atau teman kalian, atau adik kalian lalalalala... yang melakukan diagnosa diri sendiri dan merasa kayaknya, 'Gue gaul deh kalau gue bilang ke orang-orang, gue punya penyakit bipolar, gue depresi klinis.' Gue kasih tahu ya, penyakit mental itu bukan tren!" ucap Marshanda dalam video tersebut.

Marshanda merasa miris ketika penyakit mental dijadikan sebuah tren dan dianggap gaul. Dirinya bahkan harus berjuang untuk sembuh setelah melakukan pengobatan.

"Oke? Dan jangan yakin kalau lo itu bipolar, apa pun itu deh pokoknya penyakit mental dan lain-lain, dengan hanya cari dari google," pesannya.

"Itu bukan cara mendiagnosis diri sendiri, yang mendiagnosa kita adalah psikiater yang tahu data kita lengkap dari lahir sampai sekarang jadi punya tanggung jawab besar," lanjut Marshanda.

Saat melakukan pengobatan, Marshanda juga menegaskan untuk jujur pada psikiater yang memeriksa. Mendiagnosis kondisi seseorang punya tanggung jawab.

"Kita sebagai pasien bertanggung jawab ngejelasin dengan lengkap apa riwayat kita. Gue berjuang untuk hidup gue untuk menyembuhkan, menjaga, dan merawat. Jadi, sangat menyakitkan melihat bipolar disorder jadi 'trendy'," tukas Marshanda.

Video yang sudah disukai lebih dari 41 ribu orang itu mendapat banyak respons. Beberapa netizen mengomentari apa yang dikatakan Marshanda benar, di mana ada orang-orang yang bangga mengaku punya penyakit mental tanpa periksa ke dokter atau psikiater.

Ada juga yang menyinggung soal penggunaan kata healing di masa sekarang. Beberapa netizen mengatakan saat ini penggunaan kata kena mental dan healing kerap dipakai tidak pada tempatnya.

"Totally AGREE! Healing bukan juga sekedar jalan2, tapi sebuah proses when you know, accept, and trying to be a better person. Not for society, but for yourself. For your inner peace," komentar af***.

"hahaha temanku ada 2 tuh, dia mendiagnosis dirinya sendiri dan bilang ke orang-orang kalo dia bipolarlah apalah dan dia bangga dengan itu," aku akun pute***.

"Betul, skrg banyak banget dijadiin trend. Kita yg ngalaminnya aja berjuang, eh dia nya mo nge trend," kata akun pdg***.

"Termasuk kata healing itu sendiri.. semuanya dikit2 healing akhirnya, makna dari healing itu sendiri hilang. Healing yang sebenarnya seperti apa gak akan jadi sesuatu lagi," kata akun agne***.

"Akhirnya keluar ini statement . Ini anak2 udh jadi trend banget klw dibilangin dikit2 bilang kena mental disorder dia malah diagnosa sendiri," tukas akun sic***.



Simak Video "Kesadaran Meningkat, Kini Milenial-Generasi Z Datang ke Dokter Jiwa"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/dar)