Dibully di Hong Kong, Aktor Ini Pindah ke China

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Kamis, 14 Apr 2022 05:30 WIB
Oscar Leung
Oscar Leung pindah ke China usai dihujat netizen Hong Kong. Dok. Instagram
Jakarta -

Ketegangan antara Hong Kong dan China berimbas pada para selebriti. Hal itu dialami oleh seorang aktor Hong Kong bernama Oscar Leung.

Ia merupakan salah satu selebriti yang kerap menyuarakan kecintaannya pada China dan seringkali mendapatkan ujaran kebencian dari netizen Hong Kong. Ia bahkan sempat tidak berani keluar dari kediamannya usai mendapat serangan dari netizen atas pernyataannya yang dianggap tidak patriotik itu.

Oscar Leung awalnya dikenal sebagai aktor Hong Kong yang dikontrak oleh stasiun televisi TVB. Di media sosial, ia seringkali memberikan pernyataan terkait cintanya kepada daratan China. Pernyataan yang dianggap patriotik terhadap China itu ia ungkapkan melalui akun Weibonya.

Contohnya, seperti yang dilakukannya pada bulan Februari lalu. Saat itu, Hong Kong sedang menghadapi lonjakan kasus positif COVID-19. Ia mengunggah ulang kiriman video orang-orang di China yang memberikan dukungan untuk warga Hong Kong yang sedang berusaha melawan pandemi.

"Hong Kong pasti bisa melewatinya. Percayalah pada Tanah Air kita sendiri, tempat terbaik untuk melawan pandemi," tulisnya di Weibo dikutip dari 8 Days.

Namun, sayangnya ungkapan pria berusia 43 tahun itu justru mengundang kritikan dari para netizen. Oscar Leung mengaku bahwa ia mendapat serangan secara online akibat pernyataannya yang dianggap membela China.

Hal ini diungkapkannya dalam sebuah wawancara. Tak hanya menerima ancaman secara online, ia juga diganggu oleh beberapa oknum.

Hidupnya dipenuhi ketakutan hingga ia tidak berani meninggalkan rumahnya di Hong Kong. Tak hanya dirinya, ia juga takut istri dan anak-anaknya menjadi korban atas tindakannya itu. Setelah melalui kejadian menyeramkan itu, ia pun pindah ke China bersama keluarganya.

"Kini saya bisa mengekspresikan opini saya sebenarnya di media sosial tanpa rasa takut lagi. Saya menikmati kehidupan bebas yang nyata di sini," katanya.

Oscar Leung juga menambahkan bahwa insiden cyber-bullying itu sangat memiliki dampak terhadap kehidupannya serta keluarganya. Selain pindah rumah, ia juga memutuskan untuk pindah lokasi kerja.

Menurutnya, pasar China juga memberinya lebih banyak kesempatan untuk mencoba peran baru. Ditambah lagi, ia tak hanya berakting, tetapi juga mulai menjalankan bisnis di China.



Simak Video "China Sukses Luncurkan 3 Satelit Baru ke Orbit"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)