Berlliana Lovell Mualaf, Begini Perjalanannya

Mauludi Rismoyo - detikHot
Senin, 04 Apr 2022 20:26 WIB
berlliana lovell
Berlliana Lovell Mualaf, Begini Perjalanannya. (Foto: rifkianto nugroho)
Jakarta -

Ada fakta baru terkuak dari sosok selebgram Berlliana Lovell. Ia ternyata seorang mualaf.

Kepada detikcom, Berlliana Lovell menceritakan perjalanan spiritualnya. Ia mulanya sempat sakit keras sampai merasa tenang ketika mendengar suara azan.

"Ini Ramadan gue kedelapan. Gue mualaf ceritanya dulu gue kena sakit keras. Pas gue sakit itu gue nggak ngomong sama orang tua, gue tanggung beban sakit sama beban mentalnya sendiri. Terus pas mau operasi waktu itu gue kecapekan, gue mau naik mobil tapi jalan dulu ke depan kan, ada masjid pas lagi azan, terus gue duduk dekat masjid itu, dan yang azan tuh bagus banget suaranya," ujar Berlli saat ditemui di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.

"Dari situ mulai kayak hati gue mau tahu lebih saja gitu. Ditambah nyokap gue kan Islam juga," sambungnya.

Berlliana Lovell mengungkap proses pindah keyakinan kurang lebih enam bulan. Saat ingin menjadi mualaf, ia bilang terlebih dahulu ke ibunya.

"Gue ngomong sama nyokap, nyokap gue senang. Terus gue dibawa sama ustaz," tutur Berlli.

Meski sudah delapan tahun mualaf, Berlliana Lovell mengaku belum bisa menjadi muslim yang taat. Meski begitu, ia terus belajar untuk lebih baik lagi.

"Jujur sampai sekarang gue belum terlalu belajar banget, karena kan bahasa Arab susah. Jadi gue sampai sekarang masih iqra 4, belajar dari aplikasi handphone," kata Berlli.

"Pas ngejalanin kayak salat lima waktu masih bolong-bolong, puasa juga, tapi gue tetap belajar," lanjutnya.

Berlliana Lovell lalu menjelaskan alasan pindah agama. Ia merasa lebih yakin memeluk keyakinan saat ini.

"Berkah semua agama berkah, tapi gue lebih yakin di sini, nggak ada lagi yang gue pertanyain," ujar Berlli.

Berlliana Lovell tak menampik banyak orang yang mengira dirinya non-muslim. Meski begitu, ia senang ketika para fans-nya mengirim mukena dan Al-Qur'an.

Cerita perjalanan mualaf Berlliana Lovell sendiri akan dimasukkan ke dalam buku novelnya. Ia memohon doa agar hal itu bisa cepat terbit ke pasaran.

(mau/nu2)