Jadi Presiden JCI Femme, Era Lolita Fokus Masalah Pemberdayaan Perempuan

Mauludi Rismoyo - detikHot
Rabu, 30 Mar 2022 13:40 WIB
era lolita
Jadi Presiden JCI Femme, Era Lolita Fokus Masalah Pemberdayaan Perempuan. (Foto: dokumen pribadi)
Jakarta -

Artis Era Lolita kini tidak lagi disibukkan dengan serangkaian pekerjaannya di dunia hiburan Tanah Air. Setelah vakum berakting dalam sinetron sejak pandemi melanda, bintang sinetron Banyak Jalan Menuju Rhoma itu mulai memfokuskan diri untuk terjun ke dalam dunia politik.

Hal itu ditambah pula dengan suaminya yang juga berperan aktif dalam salah satu parpol dengan ciri khas pohon beringin dan serba kuning. Era Lolita kini telah didaulat sebagai Presiden JCI Femme, yang akan berfokus pada pemberdayaan perekonomian perempuan Indonesia.

Era Lolita resmi dilantik dan dikukuhkan di dalam Ruang Paripurna DPRD Jakarta, pada Sabtu (26/3) lalu. Selain itu, ia juga akan semakin fokus memberantas perihal permasalahan pelecehan seksual pada perempuan dan kekerasan pada anak.

"Masalah-masalah ini masih menjadi persoalan pokok di Indonesia dan dalam tahap yang sangat memprihatinkan," ujar Era dalam sambutannya pada event tersebut.

Era Lolita ingin Indonesia yang sudah berkembang untuk bisa lebih peka terhadap masalah perempuan. Ia bicara dan mau terlibat dalam hal itu lantaran terinspirasi oleh sosok Zita Anjani.

"Berbeda dengan kondisi negara lain yang telah maju, yang sudah membicarakan bagaimana perempuan dapat membantu meningkatkan pembangunan, seperti yang dicontohkan oleh Ibu Zita Anjani menjadi pimpinan DPRD Provinsi Jakarta perempuan pertama dalam sejarah," tutur Era.

Sekadar diketahui JCI sendiri merupakan organisasi internasional pemuda non-politik dan terbuka bagi semua kalangan. Organisasi ini merupakan bagian dari organisasi kepemudaan internasional terbesar di dunia yang setiap tahunnya melakukan pertemuan internasional di markas PBB di New York untuk merencanakan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan.

Acara pelantikan JCI Femme sendiri dihadiri oleh beberapa tamu spesial, seperti Ahmad Riza selaku Wagub DKI Jakarta hingga Zita Anjani selaku Wakil Ketua DPRD Provinsi Jakarta.

Dalam sambutannya, Ahmad Riza berharap JCI Femme sebagai organisasi kepemudaan tingkat dunia dapat terus menggali potensi diri. Serta, lanjutnya, memberi kontribusi yang positif bagi pembangunan bangsa dan dunia.

"Kita berharap JCI sebagai organisasi global dapat memberi kesempatan para pemudi Indonesia, khususnya Jakarta, menjadi warga dunia lewat pertemuan bertaraf internasional tersebut," kata Riza.

"Saya berharap JCI dapat terus berpartisipasi aktif dalam pembangunan di Jakarta," pungkasnya.

(mau/pus)