ADVERTISEMENT

Round Up

Aliando Syarief Idap OCD Ekstrem, Beri Pesan Buat Pejuang Kesehatan Mental

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 28 Jan 2022 22:04 WIB
Aliando Syarief saat berkunjung ke kantor detikcom.
(Foto: Asep Syaifullah) OCD memberikan efek untuk Aliando Syarief seperti tubuhnya yang mulai jadi kurus dan muncul imajinasi-imajinasi aneh serta berbahaya.
Jakarta -

Tak disangka ada alasan kenapa Aliando Syarief menghilang dari dunia hiburan selama beberapa saat. Dia rupanya mengidap gangguan mental OCD atau obsessive compulsive disorder. Aliando tak malu-malu buat membagi ceritanya.

Dalam sebuah siaran langsung di Instagram, Aliando buka-bukaan soal perjuangannya melawan gangguan mental tersebut. Rupanya dia sudah mengalami OCD sejak kelas 2 SD, tapi dua tahun belakangan ini hal tersebut jadi amat mengganggu ke level yang ekstrem.

Obsessive compulsive disorder atau OCD adalah gangguan mental yang menyebabkan pengidapnya merasa harus melakukan suatu tindakan secara berulang-ulang. Apabila hal itu tak dilakukan, pengidap OCD akan merasa cemas, khawatir, dan ketakutan.

"OCD ini nggak main-main," katanya.

Berkaca dari pengalamannya, Aliando pun menyerukan agar semua orang yang mengalami hal yang serupa atau masalah gangguan mental lainnya untuk segera mencari pertolongan. Dia pun menegaskan agar orang-orang tidak perlu malu lagi bicara soal masalah yang dihadapinya.

Aliando juga melakukan pengobatan dan perawatan buat OCD-nya tersebut. Konsultasi ke psikolog adalah salah satu yang dilakukannya.

"Jangan pernah malu kalau punya gangguan, jangan malu bilang ke orang tua atau teman yang mungkin dekat, ke psikolog konsultasi. Kok bisa ya (kena gangguan ini)? Langsung saja ngobrol, jangan pernah takut," ucapnya.

Sedang berjuang melawan OCD-nya, Aliando berusaha untuk tetap berpikir positif. Di saat yang sama juga terus melakukan perawatan. Dia pun ingin membagikan semangat perjuangan dan positif yang dirasakannya kepada semua yang membutuhkan.

Gegara penyakitnya itu, Aliando Syarief mengaku produktivitasnya menurun. Terlihat dari jarangnya dia tampil di proyek film atau sinetron. Hal itu lantaran dirinya mengalami kesulitan buat fokus melakukan satu hal. Alhasil OCD menghalanginya buat menerima proyek lain.

OCD munculkan ilusi hingga ganggu karier Aliando Syarief (di halaman selanjutnya)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT