ADVERTISEMENT

Aliando Idap OCD Ekstrem: Jangan Malu Punya Gangguan Mental

Desi Puspasari - detikHot
Jumat, 28 Jan 2022 10:06 WIB
Aliando
Aliando Idap OCD Ekstrem: Jangan Malu Punya Gangguan Mental. (Foto: Ismail/detikHOT)
Jakarta -

Aliando Syarief bicara soal penyakit yang diidap selama 2 tahun ini. Aliando mengidap OCD atau obsessive compulsive disorder.

Obsessive compulsive disorder atau OCD adalah gangguan mental yang menyebabkan pengidapnya merasa harus melakukan suatu tindakan secara berulang-ulang. Apabila hal itu tak dilakukan, pengidap OCD akan merasa cemas, khawatir, dan ketakutan.

Aliando membagikan ceritanya itu saat live di Instagram yang akhirnya viral dan banyak diunggah ulang dalam kanal YouTube. Penyakit OCD menjadi salah satu alasan dirinya 2 tahun ini menghilang.

"Project kemarin itu gue berjuang dengan OCD itu. Jadi lumayan lucu. OCD ini nggak main-main. Kelas 2 SD ternyata yang gue alami itu OCD," cerita Aliando Syarief.

Bintang film dan sinetron itu juga mengingatkan untuk orang yang mengalami gangguan mental jangan takut untuk bicara. Bicara kepada orang tua dan orang yang dipercaya bisa membantu menyelesaikan.

"Jangan pernah malu kalau punya gangguan, jangan malu bilang ke orang tua atau teman yang mungkin dekat, ke psikolog konsultasi. Kok bisa ya (kena gangguan ini)? Langsung saja ngobrol, jangan pernah takut," ucapnya.

"Kita semua diciptakan Tuhan dengan sempurna, jangan pernah nyerah untuk berjuang, untuk positif. Lumayan lama ya (hadapi OCD)," sambung Aliando Syarief.

Selama 2 tahun, Aliando berusaha sembuh dari OCD. Bahkan di sinetron terakhirnya, Aliando mengaku sudah mengidap OCD.

OCD membuat Aliando merasa seperti melawan dirinya sendiri. Dirinya memaksa untuk melakukan hal berulang dan itu sangat mengganggu.

"2 tahun kena OCD nggak bisa ngapa-ngapain, dan susah untuk dipahami. Gue fokus ke mana, nggak sinkron pikiran dan otak. 2019 harusnya ada project lagi, tapi batal karena gue OCD. Ganggu banget," tuturnya.

"Gue lagi main, tiba-tiba disuruh ngulang sama pikiran gue. Kalau nggak, (gue jadi berpikir) akan ada yang celaka," aku Aliando.

Aliando awalnya juga merasa ragu untuk bicara soal penyakit OCD yang diidap. Dia juga merasa OCD yang diidap juga ada pengaruh dari luar.

"Makanya gue nggak gimana mau speak up, ternyata ini gue bukan pure sendiri. Entah gue norak atau gimana, kalau ingin dapat sesuatu hal, apa yang kita pikirkan, kita harus berjuang. Semoga impian kalian tercapai. Pikiran positifnya harus diperjuangkan," kata Aliando.

(pus/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT