Anang Hermansyah Ikut Tren NFT: Ini Harapan Seniman Sejak Lama

Muhammad Ahsan Nurrijal - detikHot
Rabu, 26 Jan 2022 09:45 WIB
Anang Hermansyah
Anang Hermansyah rasakan manfaat NFT, lihat ada peluang keuntungan untuk industri kreatif. Foto: Instagram/@ananghijau
Jakarta -

Anang Hermansyah merupakan salah satu artis yang ikut terjun ke NFT. Belakangan ini suami Ashanty itu menggelar private sale ASIX pada platform NFT dan tak menyangka akan terjual habis dalam semenit.

Melihat potensi yang sangat besar dari NFT, pria berusia 52 tahun ini menyebutkan NFT adalah market yang sangat bagus bagi orang-orang yang bergerak di industri kreatif.

"Ini sesuatu hal yang bagus kalau ngomongin NFT di ranah kreatif industri, di ranah teman-teman yang berkarya di bidang seni. Ini sangat membatu sebetulnya sistem NFT ini kalau emang mau dilakukan secara terarah, serempak, dan memang melalui kesiapan regulasi yang bagus," kata Anang Hermansyah secara eksklusif kepada detikcom ketika ditemui di kawasan Kuningan, Selasa (25/1/2022).

Menurutnya, NFT merupakan jawaban dari harapan para seniman sejak lama karena mereka tidak perlu khawatir dengan adanya pembajakan karya.

"Inilah sesuatu yang diharapkan teman-teman yang banyak bekerja di kreatif industri maupun yang ada di ranah seni. Kayak aku di lagu, maupun di fotografi, maupun di video," ucap Anang Hermansyah.

"Dengan adanya teknologi blockchain ini, kita nggak takut untuk karya kita dibajak lagi, dengan adanya smart contract yang ada di dalam. Ini hal yang memang diharapkan dari dulu ada sistem seperti ini untuk karya kita supaya beredar di ranah digital ini bisa terdeteksi," imbuhnya.

Lebih lanjut, pelantun Cinta Tanpa Syarat ini menjelaskan NFT bisa jadi sebuah investasi untuk masa tua. Saat ini banyak seniman khususnya para pencipta lagu yang kesulitan saat di masa tuanya. Padahal, lagu-lagu ciptaan mereka hingga saat ini masih banyak didengungkan bahkan dapat menghasilkan uang bagi orang lain.

"Sekarang gini, banyak terjadi di musik, karya-karya pencipta lagu lama itu kan di ujung tuanya dia mengalami nasib yang kurang beruntung, tidak seperti karyanya. Karyanya masih didengungkan hari ini, masih dinyanyikan, masih menghasilkan uang buat orang lain, tapi nggak menghasilkan penciptanya," beber Anang Hermansyah.

Oleh karena itu, Anang Hermansyah mengajak para pelaku industri kreatif untuk ramai-ramai menggunakan platform NFT dalam mendistribusikan karyanya. Namun, ia juga mengigatkan semua ini akan berjalan dengan baik asalkan pemerintah dapat memberikan kejelasan regulasi mengenai NFT.

"Jadi, karena ini sesuatu yang positif. Kenapa kita nggak mau ikutan? Harusnya kalau dibilang ada sesuatu yang baik, kenapa nggak. Kalau aku bilang, itu harus dilakukan. Ini akan menjadi pekerjaan bersama baik ranah pelaku industrinya, senimannya, maupun pemerintah. Harus 3 pilar ini bergandengan tangan," pungkas Anang Hermansyah.

Tonton video terkait Anang Hermansyah di sini:

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Anang Hermansyah Rilis Games Congklak di NFT "
[Gambas:Video 20detik]
(pus/pus)