ADVERTISEMENT

Oka Antara dan Toleransi Beragama dalam Keluarga yang Beragam

Tim detikHOT - detikHot
Kamis, 13 Jan 2022 10:46 WIB
Aktor Oka Antara berperan sebagai Irvan di sinetron Ikatan Cinta.
Oka Antara dan cerita soal keyakinan yang dianutnya Foto: Dok. Instagram @oka_antara.
Jakarta -

Oka Antara mempunyai kisah spiritual tentang keyakinannya. Oka Antara lahir dari seorang ibu yang saat itu beragama Islam dan ayah beragama Hindu.

Bintang sinetron Ikatan Cinta itu menceritakan bagaimana ibu dan ayahnya bisa hidup berdampingan meski keyakinannya berbeda. Hingga akhirnya, ibu Oka Antara mengikuti keyakinan suami.

"Dulunya Muslim (ibu). Jadi pas pindah agama, ya, sudah dia menjadi Hindu. Mereka menyelesaikan semuanya, surat-suratnya, dia menjalankan agama Hindu," kata Oka Antara dilansir dari channel YouTube Daniel Mananta.

Kendati demikian, hubungan Oka Antara dengan sang bunda dan keluarganya tetap rukun. Bahkan setiap Idul Fitri, Oka Antara tetap mengikuti tradisi keluarga besar sang bunda.

"Kakaknya nyokap, adik-adiknya nyokap itu muslim semua. Jadi kalau misalnya Idul Fitri gue ke sana (ke keluarga ibu). Gue punya tradisi nyekar ke kuncen di Yogya, doain Eyang gue," ceritanya.

Sedangkan dirinya sudah dari kecil diberikan pendidikan tentang agama Hindu. Oka Antara juga sudah diikutkan dalam sekolah Minggu. Itu dilakukan sebelum dirinya pindah ke Amerika.

"Sebelum gue ke Amerika itu, gue udah dimasukin ke sekolah Minggu Hindu. Diadakan di hari Minggu di pura, ada tutornya, karena kan muridnya sedikit, ya, jadi anak-anak yang usianya kecil sampai SMP itu digabung, mendapatkan perlakuan yang sama seperti yang lainnya," kata Oka Antara.

"Pas sembahyang kan baitnya hapal, ada sembilan bait. Pas habis itu baru kisah-kisah, yang seperti di agama-agama lain kan Hindu juga punya kisah-kisah, diceritakan lalu dipetik moralnya seperti apa," lanjut Oka Antara menceritakan cara belajarnya di sekolah Minggu Hindu.

Meski menganut keyakinan Hindu, Oka Antara kerap mendapatkan job film religi.

"Kalau gue sih happy-happy aja yang penting dapat job," canda Oka Antara yang langsung membantah menjual agamanya demi pekerjaan.

"Parahnya, nggak ada yang langsung tanya ke gue (soal agama), tapi ke bokap. Jadi pas gue sampai rumah, bokap gue langsung (minta) KTP, difoto dan disebarkan di grup BBM. '(Kata keluarga) Nggak, nggak, dia (Oka Antara) tidak menjual agama untuk mendapatkan peran,'" cerita Oka Antara.



Simak Video "Selain ARMY, NCTzen-CARAT Juga Galang Dana Bantu Korban Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT