Lata Mangeshkar, Penyanyi Legendaris Bollywood Masuk ICU karena COVID-19

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 11 Jan 2022 17:30 WIB
MUMBAI - DECEMBER 12:  Lata Mangeshkar waits to receive her Inspiration award during the Inaugural MTV IMMIES at the Goregaon Sports Club December 12, 2003 in Mumbai, India.  (Photo by Daniel Berehulak/Getty Images)
(Foto: Getty Images/Daniel Berehulak) Lata Mangeshkar dilaporkan tengah berada di ICU karena positif COVID-19. Penyanyi legendaris Bollywood itu kini berusia 92 tahun.
Jakarta -

Penyanyi legendaris Bollywood Lata Mangeshkar dilarikan ke ICU setelah dites positif mengidap COVID-19. Sebelumnya dia mengalami gejala ringan.

Dilaporkan oleh Hindustan Times, kondisi Lata Mangeshkar saat ini sudah dirawat di rumah sakit. Hal tersebut diutarakan oleh salah satu keponakannya, yakni Rachna.

Sayangnya Rachna tidak memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai kondisi terakhir sang Bibi. Dia hanya membenarkan kabar soal Lata Mangeshkar yang positif terinfeksi virus Corona dan dilarikan ke rumah sakit. Hingga kini Lata Mangeshkar masih dirawat di ICU.

Lata Mangeshkar kini dirawat di rumah sakit Breach Candy di Mumbai. Penyanyi berusia 92 tahun itu sebelumnya sempat pula dirawat di rumah sakit setelah mengalami sesak napas. Namun kondisinya membaik dan dinyatakan sembuh.

Sosok Lata Mangeshkar tidak bisa disepelakan di industri film Bollywood. Dia mengawali kariernya di tahun 1940-an dan terus eksis lewat produksi film-film Bollywood populer di era 1990 hingga 2000an. Dia menjadi penyanyi di balik suara Madhuri Dixit dalam lagu Dholna di film Dil To Pagal Hai, lagu-lagu di film Mohabbatein, hingga Kabhi Khushi Kabhie Gham.

Sepanjang kariernya, Lata Mangeshkar telah menyanyikan lebih dari 25 ribu lagu solo. Pencapaian itu membuatnya dinobatkan sebagai penyanyi dengan rekaman lagu terbanyak sepanjang sejarah hingga memecahkah rekor Guinness di tahun 1974.

Lata Mangeshkar juga pernah berkolaborasi dengan Rhoma Irama. Dalam deretan lagu-lagu yang dinyanyikannya, dia seringkali kebagian duet dengan Udit Narayan (yang menyanyikan banyak lagu-lagu Bollywood di film-film populer) dan Sonu Nigam. Dia juga banyak menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai bahasa selain Hindi seperti Bengali, Telugu, Nepali, Urdu, hingga berbahasa Inggris.

(aay/pus)