Psikolog: Artis Nekat Prostitusi karena Tuntutan Gaya Hidup, Pilih Jalan Pintas

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Rabu, 05 Jan 2022 10:06 WIB
Cassandra Angelie
Prostitusi artis berdalieh ekonomi, ini kata psikolog Intan Erlita Foto: Instagram/@cassangelie
Jakarta -

Fenomena prostitusi artis kembali mencuat usai ditangkapnya Cassandra Angelie. Lantas bagaimana psikolog menanggapi fenomena dengan kasus yang kerap terulang tersebut?

Menurut psikolog Intan Erlita tuntutan gaya hidup menjadi faktor yang menyebabkan artis terjerumus prostitusi. Cassandra Angelie pun mengaku salah satu alasannya menggeluti prostitusi karena kondisi ekonomi.

"Jadi kalau melihat ramai prostitusi artis ya, sebenarnya agak miris kasus kayak gini. Karena sebagai artis dia punya tanggung jawab kepada fans atau followers-nya. Tapi kenapa sih artis-artis ini banyak banget yang terjebak prostitusi. Padahal mereka orang pintar, mereka orang cantik. Jawabannya si satu ya, gaya hidup," kata Intan Erlita kepada detikcom.

Lebih dijabarkan lagi, Intan menyebut artis yang terjerat prostitusi biasanya memiliki standar gaya hidup tinggi. Sehingga si artis yang terlibat prostitusi mencari cara agar gaya hidupnya terpenuhi bahkan lewat cara yang negatif sekalipun.

"Ketika seseorang mempunyai gaya hidup standard-nya tinggi dengan apa yang dihasilkan. Maka dia bisa mencari cara untuk bisa gaya hidupnya terpenuhi," katanya.

Hal itu diperburuk bisa jadi karena tidak kuatnya didikan orang tua terkait apa yang namanya perjuangan untuk mendapatkan sesuatu. Terlebih lagi dari situ si anak tersebut menginginkan sesuatu lewat cara yang cepat tak peduli apa yang harus dilakukan.

"Maka menjadi kacau atau menjadi negatif ketika anak ini juga tidak mendapat didikan yang kuat dari keluarganya atau lingkungannya tentang yang namanya perjuangan. Perjuangan di sini apa sih? Ketika anak menginginkan sesuatu ya harus berjuang baru dia mendapatkan apa yang diinginkan. Namun terbiasa shortcut proses gitu, jadi dia terbiasa instan. Jadi kalau dia nggak mau banyak duit, dia nggak mau kerja," imbuhnya.

"Ya sudah dia kerjanya yang enak menurut dia, yang mudah, dan gampang. Nah ini yang dikatakan mental-mental fighting spirit-nya nggak ada dan itu mental-mental berproses ini dapatinya nggak instan," pungkas Intan Erlita soal prostitusi artis.



Simak Video "Tak Ditahan, Cassandra Angelie Hanya Dikenakan Wajib Lapor "
[Gambas:Video 20detik]
(fbr/pus)