ADVERTISEMENT

Sudah Divaksin Dua Kali, Penyanyi Malaysia Ini Tak Diizinkan Masuk Singapura

Hafidjah Nuraulia - detikHot
Selasa, 04 Jan 2022 08:06 WIB
Eric Moo
Eric Moo dilarang masuk Singapura meski sudah vaksin. Dok. Weibo
Jakarta -

Meskipun telah melakukan vaksinasi secara penuh, tidak menjamin kita bisa melakukan perjalanan ke berbagai negara. Contohnya, hal yang dialami oleh penyanyi asal Malaysia bernama Eric Moo ini. Ia telah melakukan vaksinasi dengan dua dosis Sinopharm China di Shanghai, tetapi tidak mendapatkan izin untuk terbang ke Singapura dengan menaiki pesawat China Southern Airlines awal minggu ini.

Penyanyi usia 58 tahun itu memiliki perusahaan produksi music di Shanghai. Setelah mendapatkan dosis kedua dari vaksin Sinopharm China di kota tersebut pada bulan September lalu, seharusnya ia memiliki perjalanan terbang ke Singapura untuk mengunjungi ibunya.

Ia telah menyiapkan seluruh dokumen yang diperlukan dan sudah memenuhi semua persyaratan untuk pergi ke Singapura. Dokumen yang disiapkannya itu sudah termasuk hasil tes Polymerase Chain Reaction (PCR) yang dinyatakan negative COVID-19.

Namun, sayangnya saat hari dimana ia harusnya melakukan keberangkatan, Eric justru ditegur oleh salah satu staf maskapai penerbangannya itu. Ia diberitahu bahwa sertifikat vaksinasinya itu tidak diakui di Singapura. Oleh sebab itu, ia tidak diberikan izin untuk melakukan penerbangan ke Singapura.

"Mereka mengatakan bahwa sertifikat vaksinasi saya tidak diakui di Singapura karena hanya melampirkan nama tempat vaksinnya, bukan nama vaksinnya, yakni Sinopharm. Dan Singapura hanya mengakui merek vaksin, bukan nama tempat kamu mendapatkan vaksin," jelas Eric.

Eric pun tidak punya pilihan lain dan mencari bantuan dari pihak kesehatan Kota Shanghai. Tetapi, ia diberitahu bahwa rumah sakit hanya dapat mengeluarkan sertifikat vaksinasi dan tidak dapat membuat perubahan yang ia minta. Ia juga menambahkan bahwa sertifikat vaksinasinya itu dinyatakan dalam bahasa China dan Inggris.

Menurutnya, jika produk vaksin yang ia dapatkan tak tertulis dalam sertifikatnya itu, seharusnya pihak berwenang bisa memeriksa datanya langsung di tempat Eric dapatkan vaksin Sinopharm.



Simak Video "Studi Inggris: Vaksinasi Covid-19 Cegah 20 Juta Kematian"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/ass)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT