Rising Star

Cosplayer Clarissa Punipun Punya Ratusan Kostum, dari Seksi hingga Bergaya Cowok

Mauludi Rismoyo - detikHot
Kamis, 30 Des 2021 20:26 WIB
clarissa punipun
Cosplayer Clarissa Punipun Punya Ratusan Kostum, dari Seksi hingga Bergaya Cowok. (Foto: dok instagram)
Jakarta -

Clarissa Punipun sudah jadi cosplayer sejak 2006. Ia punya banyak prestasi yang diraih dari kariernya tersebut.

Kepada detikcom, Clarissa Punipun juga mengaku sudah memiliki ratusan kostum cosplay. Wanita kelahiran Jakarta, 7 Oktober 1992 itu sampai membuat tempat khusus untuk pakaiannya tersebut.

"Karena dari 2006, mungkin sudah ratusan ya, nggak kepikiran buat hitung. Yang pasti sampai bangun gudang lagi buat kostum-kostum semua," ujar Clarissa.

Clarissa Punipun kemudian bicara soal kostum yang disukai. Cewek yang pernah kuliah double degree di University of Nottingham dan Binus International University itu menyukai karakter yang memiliki tampilan unik.

"Jadi kostum yang aku suka adalah kostum dari karakter-karakter yang aku suka. Kalau jenis dari kostumnya sendiri, aku lumayan suka yang polanya agak unik, seperti Kokomi dan Fischl dari Genshin Impact," tutur Clarissa.

Clarissa Punipun lalu mengungkap biaya satu kostum. Pemilik 529 ribu followers Instagram itu mengatakan bisa menghabiskan hampir puluhan juta, tergantung perlengkapan lain dari si karakter yang akan di-cosplay-kan.

"Budget kostum, karena aku biasanya bikin custom sama teman cosplay pertamaku di 2006 yang sekarang menjadi costume maker juga, itu di kisaran Rp 2-5 juta untuk bahan kain, kemudian kalau ada waktu dan tenaga biasanya aku akan bikin properti-properti sendiri, ini lumayan menghemat budget. Tapi kalau nggak memungkinkan, aku biasanya pesan ke props maker dan shoemaker. Kalau di total dengan wig, makeup, props, sepatu ada juga yang hampir Rp 10 juta," kata Clarissa.

Soal penampilan saat cosplay, Clarissa Punipun mengatakan bakal mengenakan outfit sesuai tempat dan kebutuhan. Tak masalah tampil seksi, wanita keturunan Jepang, Tiongkok, dan India itu bahkan mengaku pernah menjadi karakter cowok.

"Apabila ada shooting dengan developer game yang kebetulan pakaian karakternya cukup seksi, maka kita juga harus profesional dan membawakan karakter tersebut dengan baik. Apabila kerjaannya tidak berupa cosplay karakter yang seksi, maka aku bisa menggunakan cosplay lain yang sesuai dan mungkin crossdress juga jadi karakter cowok," ujar Clarissa.

Clarissa Punipun mengatakan saat bekerja, dirinya bisa seharian memakai kostum. Ia pun mengungkap rasanya setelah bekerja menjadi cosplayer.

"Wah bukan gatel lagi sih, sudah nggak bisa merasakan kaki dan kepala biasanya. Apalagi kalau kostum yang ada bagian tangannya, itu bisa sampai berbekas, karena ditekan dalam waktu yang cukup lama," pungkasnya.

(mau/aay)