ADVERTISEMENT

Round Up

Lala Karmela dan Chris Hartland Menikah: Ijab Kabul Bahasa Inggris, Mahar Bitcoin

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 22 Des 2021 22:04 WIB
Lala Karmela
(Foto: Dok. Instagram) Pernikahan Lala Karmela dan Chris Hartland digelar dengan adat Jawa. Meski begitu, ijab kabulnya menggunakan Bahasa Inggris.
Jakarta -

Cerita asmara Lala Karmela akhirnya berujung bahagia. Pada Selasa (21/12/2021), di tanggal dengan kombinasi angka cantik, Lala Karmela menikah dengan lelaki pilihan dan pujaan hatinya bernama Chris Hartland. Ada banyak hal istimewa di pernikahan ini.

Pernikahan Lala Karmela dan Chris Hartland digelar dengan adat Jawa. Sebelum proses pernikahan tentunya dilakukan proses siraman seperti yang ditampilkan oleh Lala Karmela dalam unggahan Instagram Story-nya seraya mengucapkan selamat Hari Ibu buat sang bunda.

Karena masih di situasi pandemi, pernikahan ini juga digelar dengan tamu yang sangat terbatas. Beberapa tamu hadir secara virtual, termasuk pihak keluarga Chris Hartland. Lala Karmela mengutarakan perasaannya ketika menyapa para tamu yang datang sambil berharap agar mereka bisa bertemu secara langsung di masa depan.

Di hari pernikahannya, Lala Karmela dan Chris Hartland kompak mengenakan busana bernuansa putih. Keduanya mengenakan busana yang kental dengan nuansa Jawa seperti beskap dan blangkon buat sang mempelai pria, dan kebaya buat sang mempelai wanita.

Proses ijab kabul pernikahan ini pun tak kalah mencuri perhatian. Chris Hartland melakukan prosesi ijab kabul dalam bahasa Inggris. Dalam prosesi itu pun diberitahukan bahwa mas kawin yang diberikan Chris berupa bitcoin.

Hal ini kemudian menjadi sorotan para teman dekat Lala Karmela. Komentar soal mas kawin pun dilontarkan oleh mereka.

"Maskawin bitcoin wooz sungguh futuristik wkwk. Congrats LALACHRIS Turut bahagia @lalakarmela," ucap Ucita Pohan.

Usai upacara ijab kabul, pernikahan Lala Karmela dilanjutkan dengan acara ramah tamah. Di momen itu, Lala Karmela berganti busana dan tampil lebih santai. Terbukti dari unggahan media sosialnya yang menampilkan Lala Karmela menyanyi di panggung.

Beberapa teman-teman perempuan Lala Karmela juga ikut tampil menyanyikan lagu Wanna Be milik Spice Girls. Tak malu-malu, Lala Karmela menari dan bergoyang mengikuti irama di hadapan suaminya.

Hubungan Lala Karmela dan Chris Hartland memang jauh dari pemberitaan. Lala Karmela juga sangat jarang mengumbar kisah asmaranya sampai akhirnya menikah.

Kontroversi mahar uang kripto (di halaman selanjutnya)

Uang kripto seperti bitcoin yang digunakan oleh Lala Karmela dan Chris Hartland dalam pernikahan mereka sempat menjadi sorotan Majelis Ulama Indonesia (MUI). MUI mengeluarkan fatwa haram terhadap uang kripto apabila digunakan untuk mas kawin.

Sebelumnya hal ini ramai ketika Cupi Cupita menikah dengan seorang pengusaha bernama Hari Bagus. Pernikahan itu berlangsung dengan mas kawin uang kripto.

"Kita pakai koin kripto, kita pakai koin Crypto Discas itu buatan kripto anak negeri ya, buatan Indonesia," jelas Bintang Bagus ditemui di The Trans Luxury, Bandung, Jawa Barat, di hari pernikahannya.

Uang kripto atau cryptocurrency sebagai mata uang sudah difatwa haram oleh Majelis Ulama Indonesia pada Kamis (11/11/2021). MUI mengemukakan alasan mengharamkan uang kripto sebagai mata uang karena dinilai mengandung gharar, dharar, dan bertentangan dengan UU Nomor 7 Tahun 2011 dan Peraturan Bank Indonesia Nomor 17 Tahun 2015.

Perlu diketahui, syarat syar'i dalam penggunaan mata uang antara lain ada wujud fisik dan memiliki nilai. Selain itu, syarat lainnya adalah diketahui jumlah secara pasti, memiliki hak milik, dan bisa diserahkan kepada pembeli.

Selain mengharamkan, MUI menyatakan uang kripto sebagai komoditas atau aset digital tidak sah diperjualbelikan. Tapi MUI menyebut uang kripto sebagai komoditas atau aset dengan sejumlah syarat sah untuk diperjualbelikan.

(aay/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT