Eksklusif

Tega! ART Manfaatkan Demensia yang Diidap Ibu Nirina Zubir untuk Gasak Aset

Muhammad Ahsan Nurrijal - detikHot
Sabtu, 20 Nov 2021 12:02 WIB
Nirina Zubir
Nirina Zubir mengungkap demensia yang diidap ibunda jadi celah untuk ART-nya menggasak aset. (Yolanda/detikHOT)
Jakarta -

Entah apa yang membuat Riri Khasmita, ART ibunda Nirina Zubir, tega menggasak aset milik majikannya itu. Ternyata Riri memanfaatkan kondisi ibunda Nirina yang mengidap demensia.

Kasus ini berawal ketika ibu Nirina, Cut Indria Marzuki, meminta asisten rumah tangganya, Riri Khasmita, yang telah bekerja sejak 2009, mengurus surat-suratnya. Awalnya ibunda Nirina Zubir itu percaya surat-surat asetnya hilang.

Riri Khasmita bersama suaminya, Endrianto, malah mengganti seluruh nama kepemilikan dalam surat milik ibunda Nirina Zubir dengan nama mereka. Aksi tega mereka dibantu oleh tiga orang notaris, yaitu Faridah dari PPAT Tangerang serta Ina Rosaina dan Erwin Riduan dari PPAT Jakarta Barat.

ART tersebut ternyata memanfaatkan kondisi ibu Nirina yang tengah mengidap banyak penyakit, salah satunya yang menyangkut ingatan, yaitu demensia.

"Ibu saya, dia ada gula, terus sudah stroke tiga kali, paru-parunya sudah pernah terendam, terus kita juga menduga ada sedikit waktu terakhir mulai memorinya sudah mulai demensia," cerita Nirina Zubir dalam wawancara eksklusif bersama detikcom di kawasan Antasari, Jakarta Selatan.

Karena penyakit ibunya tersebut, Nirina meminta kepada sang ibunda semasa hidupnya menulis setiap agenda kegiatan yang sudah dilakukannya ataupun hal-hal penting dalam satu catatan.

"Jadi, Mom, kalau bisa, apa pun kegiatan yang Mama lakuin, itu tulis. Ditulis, jadi Mama nanti kalau mau ngapa-ngapain lihat lagi buku itu. Mama lihat lagi apa yang harus Mama kerjakan. Makanya, ternyata Mama saya itu ngedengerin," papar Nirina.

"Jadi dia menulis cuma karena ada menuju demensia dan juga sudah mulai pelupa. Kadang dia menulis kertasnya entah ke mana, dia sobek di mana. Nah itu pun kita menemukan kertasnya kayak ada di pojokan, kayak puzzle. Jadi ada di kolong tempat tidur, ada di lemari, ada di bawah baju," sambung Nirina Zubir.

Beruntung, potongan-potongan catatan tersebut menjadi awal titik terang dengan apa yang terjadi pada surat-surat tanah milik sang ibunda.

"Saya cuma itu ya salah satunya yang saya lupa-lupa ingat itu kan, 'Ini uangku, aku tuh punya uang tapi ke mana ya?' Terus ada lagi, 'Aku tuh ada beberapa tanah yang lagi diurus sama Riri, kok nggak ada laporannya, kok ini lama sekali,'" kata Fadhlan, kakak Nirina Zubir, terkait beberapa catatan almarhumah ibu yang telah ditemukan.



Simak Video "Nirina Zubir Hadiri Sidang Perdana Kasus Mafia Tanah"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/pus)