ADVERTISEMENT

Teuku Ryan dan Ria Ricis Bangga Nikah dengan Budaya Adat Indonesia

Ahsan Nurrijal - detikHot
Selasa, 16 Nov 2021 07:05 WIB
Pernikahan Ria Ricis dan Teuku Ryan
(Foto: Instagram/@riaricis1795/@imagenic) Pernikahan Teuku Ryan dan Ria Ricis mendapat sorotan. Lantaran bisa memadukan adat tradisional namun tetap terlihat modern.
Jakarta -

Teuku Ryan dan Ria Ricis menyelenggarakan pernikahan di Hotel Intercontinental, Jakarta, pada Jumat (12/11/2021). Pernikahan ini digelar dengan adat Palembang.

Pernikahan Teuku Ryan dan Ria Ricis mendapat sorotan. Lantaran bisa memadukan adat tradisional namun tetap terlihat modern.

Dalam satu kesempatan wawancara singkat yang dilakukan di Studio Trans TV pada Senin (15/11/2021), Teuku Ryan dan Ria Ricis mengaku bangga bisa melestarikan budaya dalam pernikahan keduanya.

"Kita ingin lebih mengangkat budaya, kita harus bangga, kan papa (Ricis) dari Jawa, mama (Ricis) dari Palembang. Sedangkan aku dan orang tuaku dari Aceh, jadi kita ingin lebih dekat dengan budaya leluhur kita," kata Teuku Ryan.

"Kalo orang sekarang kan udah mulai melupakan budaya. Mereka lebih suka yang budaya luar, kekinian, sampai lupa dengan budaya sendiri. Aku pengen menunjukkan kalo budaya kita juga cantik," sambung Ria Ricis.

Tak hanya budaya Palembang saja yang digunakan, ternyata budaya Aceh dan Jawa turut dipadukan dalam rangkaian acara pernikahan lainnya

"Waktu lamaran (adat) Aceh, waktu siraman (adat) Jawa, waktu adat Palembang, jadi lengkap," ujar Ria Ricis

Agar budaya tradisional terasa lebih kental, pasangan tersebut sampai merekrut jasa konsultan budaya untuk pernikahan mereka.

"Ada sih kemarin yang Palembang kita pake konsultan, Aceh juga ada, dari Jawa juga ada, jadi emang ada ahlinya masing-masing," ungkap Ria Ricis.

Sebelum melaksanakan adat dan resepsi tersebut, ternyata Ria Ricis meluangkan waktunya untuk berlatih menari.

"Iya kemarin juga nari, latihannya juga cuma Sabtu Minggu doang, terus nari yang Disney juga cuma H-1. Begitu akad selesai langsung latihan. Jadi untuk latihan nari itu bener-bener deket jaraknya," kata Ria Ricis.

"Aku lakuin itu karena aku suka kesenian, suka adat gitu sih, jadi emang mempelajari dasar-dasarnya," sambung Ria Ricis.

Tak lupa, Teuku Ryan dan Ria Ricis berpesan kepada para millenial agar tetap melestarikan budaya Indonesia.

"Karena memang kita harus melestarikan budaya dan adat sendiri biar kita semua bisa tetap bangga dengan budaya Indonesia," tutup Ria Ricis.

(aay/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT